Kembali Ke Index Video


Ruwat Bumi Bendo Nyawiji Bukti Masyarakat Trimurti Srandakan Masih Melestarikan Budaya Leluhur

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:58 WIB
Dibaca: 490
Kegiatan budaya padukuhan bendo trimurti bantul 2022

Bantul - pastvnews.com: padukuhan Bendo Kalurahan Trimurti Srandakan Bantul menggelar Ruwat Bumi Bendo Nyawiji acara digelar di Bendo 21 sampai 24 Oktober 2022. 

Rangkaian kegiatan mulai Kirap budaya sepeerti adanya Gunungan, Pentas kesenian, angklung Astana, Pertunjukan Tari, Pertunjukan Tari serta sholawatan Jawa dilanjutkan Pentas Jathilan.

Puncak acara panitia menggelar pengajian akbar.Semua kegiatan di sambut antusias oleh warga masyarakat.

Dukuh Bendo Partono saat di hubungi wartawan pastvnews.com, menjelaskan  acara ini digelar dalam rangka wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa atas nikmat yang telah diberikan kepada masyarakat Trimurti kususnya di Padukuhan Bendo.

Kegiatan akbar tersebut  juga sebagai  wujud syukur kepada Sang Pencipta acara ini juga untuk nguri uri atau melestarikan kabudayan jawa  sebagai bentuk aktualisasi dengan memperkenalkan  pada anak cucu agar kedepan mereka memahami kebudayaan.

Tentu  wilayah kami kaya akan kebudayaan dan kesenian yang harus di jaga serta di lestsrikan agar tidak punah . Warga dan tokoh sepakat  dengan slogan Jowo Di Gowo Arab Di Garap,  artinya tetap nguri uri kabudayan jawa tetapi tidak neninggalkan hubungan dengan Tuhan.

Sebagai bagian dari puncak acara panitia juga menggelar pengajian akbar sekaligus  untuk memperingati Mauld Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H/2022

Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur, warga sama sekali tidak di tarik  untuk gelaran, warga bisa ikut hadir  panitia sudah senang"Pungkas Partono  ‘wag.

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi