Kembali Ke Index Video


YOGJA YOUTH FARMING" BEROPSESI JADI LABORAT PELESTARIAN ALAM

Kamis, 21 November 2019 | 17:43 WIB
Dibaca: 275
YOGJA YOUTH FARMING" BEROPSESI JADI LABORAT PELESTARIAN ALAM
FARMING YANG DI PROMOSIKAN DI SEDAYU BANTUL

Bantul - Media online Pastvnews.com  warta Destinasi - Keberadaan Yogja Youth Farming Desa Argomulyo Sedayu Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dan  berbagai kegiatan yang  ada di dalamnya diharapkan menjadi laborat pelestarian alam.

Berbagai kegiatan yang di sini ada adalah meliputi berbagai ragam diantaranya mengolah sampah menjadi barang jadi siap pakai. Berbudidaya pertanian.

Budidaya perikanan. Selain itu mengolah hasil pertanian menjadi produk siap jual ataupun siap saji", ungkap salah seorang pengelola Yogja Youth Farming", Dedy, saat ekpos potensi daerah bersama Kominfo Bantul, Kamis (21/11).

Menurutnya, sejak sekitar enam bulan terahir ini Yogja Youth Farming melakukan berbabagai kegiatan itu. Kesemuanya arahnya adalah untuk pelestarian alam secara terpadu.

Supaya subur dan lestari, alam harus bersih dari sampah (barang turahan) yang tidak bisa terurai. Setelah itu harus digunakan untuk budidaya pangan melalui pertanian, perikanan dan peternakan bahkan hom industri ataupun memproduk  barang jadi dan pangan siap saji. Prosesnya harus tetap memperhatikan dan diarahkan untuk pelestarian alam.

Yogja Yout Farming didirikan dilahan kasdesa dengan sistem sewa dan merjasama dengan salah satu perusahaan melalui CSR", tambah Dedy. Sementara itu, Haryanti dan Benati, pengolah sampah plastik menjadi barang jadi, menyatakan, mengolah sampah menjadi barang jadi cukup menguntungkan.

Akan tetapi mencari tenaga penyongkit cukup sulit. Karena mereka memandang bahwa menyongkit tidak menguntungkan", kata Haryanti.

Mengenai pangsa pasar barang jadi dari barang turahan diantaranya berupa tas, topi dan hiasan meja cukup baik.

Pengamatan awak media ini, di lokasi menunjukkan konsumen bisa membeli dan menikmat berbagai hasil pertanian, perikanan dan peternakan siap. konsumsi ataupun siap olah. Bahkan di tempat itu juga dilengkapi perpustakaan dengan disebut dengan Kandhang lmu. Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi