Kembali Ke Index Video


PENTAS PERDANA KESENIAN JATHILAN HANGESTI TURONGGO BUDOYO NGALANGAN

Selasa, 18 Oktober 2022 | 23:16 WIB
Dibaca: 452
PENTAS KUDA LUMPING

SLEMAN- Pastvnews.com  Kelompok Kesenian Jathilan Hangesti Turonggo Budoyo kembali menggelar pentas seni budaya perdana untuk yang pertama kali melaksanakan kegiatan  pentas seni budaya jathilan yang dilaksanakan di Dusun Ngalangan, Kalurahan Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman Minggu 16 Oktober 2022 .

Dukuh Ngalangan, Indra Gunawan kepada media Pastvnews.com  di area pentas jathilan mengatakan bahwa pada Minggu 16 Oktober 2022 untuk Kelompok Kesenian Jathilan Turonggo Budoyo Alhamdulillah kembali bisa melaksanakan kegiatan pentas seni jathilan merupakan pentas perdana untuk yang pertama kali. Setelah beberapa tahun dijemput oleh pandemi.

Alhamdulillah untuk pertama kali  pada Minggu 16 Oktober 2022 dari teman- teman paguyuban/ Kelompok Kesenian Jathilan Turonggo Budoyo melaksanakan pentas perdana sekaligus ini juga ada tanggapan dari Ketua Harian kita Mas Lilik. S yang pada hari ini berulang tahun.

"Kami segenap keluarga besar Paguyuban / Kelompok Kesenian Hangesti Turonggo Budoyo mengucapkan terima kasih dan selamat ulang tahun kepada mas Lilik Subiantoro, mudah- mudahan ke depan bisa membawa menahkodai dari paguyuban kesenian Hangesti Turonggo Budoyo untuk lebih maju lagi, harapnya.

Dukuh Indra Gunawan juga menjelaskan kelompok kesenian Hangesti Turonggo Budoyo ini berdiri mulai tahun 1994.

Kesenian Jathilan Hangesti Turonggo Budoyo di tahun 1994 termasuk kesenian jathilan yang kondang dan terkenal dan setiap bulan jadwalnya penuh dengan tanggapan- tanggapan, setelah itu di era tahun 20OOan kita agak vakum di tengah personil- personil kita yang sudah mulai kerja di luar kota, kata Indra.

Alhamdulillah sekitar tahun 2020 kita sudah bisa bangkit lagi dari potensi teman- teman paguyuban kesenian tersebut ternyata sangat besar sekali yaitu dari mulai Wiyogo, parogo, kompak , sehingga dari tahun 1994 nama Hangesti Turonggo Budoyo tidak hilang sampai 2022 ini, ungkapnya.

Harapan kedepan diawal setelah pandemi ini HTB lebih gayeng lebih lebih regeng, bisa membawa kesenian di Padukuhan Ngalangan lebuh jaya lebih maju, yang utama jadi forum silaturahmi, forum komunikasi dari teman- teman di warga padukuhan.

Sementara itu, Ketua Paguyuban/ Kelompok  Kesenian kita Jathilan Turonggo, Istadi mengatakan ini kesenian kita pertama kali nguri- uri kabudayan jawa tersebut.

Kita sebagai generasi muda harus mampu menggiatkan anak muda untuk mengerti tentang seni, ikut berpartisipasi dalam seni khususnya seni kuda lumping yang mana tentunya untuk mengurangi hal- hal negatif pada dari anak- anak muda.

Selama  ini tentunya dengan  kegiatan seni akan mengcaver anak- anak untuk melakukan kegiatan positif khususnya bagi pemuda di RW kami. Diharapkan semakin berkembang, diterima oleh masyarakat serta tanggapannya tambah banyak, pungkasnya.  (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi