Kembali Ke Index Video


Meresahkan Warga Kledokan Caturtunggal Depok Sleman Kafe Carney Di Labrak Warga Stop Live Musik

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:29 WIB
Dibaca: 476
KAFE CARNEY YANG DI PROTES WARGA KLEDOKAN AGAR TIDAK LIVE MUSIK

Sleman - pastvnews.com  warta lintas kasus suara musik.  aktifitas usaha kafe yang berdiri dekat dengan pemukiman maka akan mengganggu warga sekitar dan ini ada dampak polusi  baik suara bising atau lainnya. Seperti halnya usaha sebuah kafe Carney yang berada di Kledokan Rt 05 RW 02 Caturtunggal Depok Sleman sudah beroperasi sejak 2021.

Keberadaan kafe  tersebut sangat berdekatan dengan pemukiman sehingga warga melalui RT RW Dukuh dan tokoh masyarakat berupaya mengantisipasi membuat kesepakatan agar sound system yang diputar tidak mengganggu warga.

KESEPAKATAN

Kesepakatan pihak kafe dan warga telah tertuang pada tanggal 6 Maret 2021 sepakat masalah noice sound system yang timbul dalam penyelesaiannya dengan musyawarah mufakat dan ada teguran 1 sampai 3 .

Sedang pihak Kafe siap  melaksanakan kesepakatan kemudian ditandatangani pihak 1 owner Taufiq Muhtar dan sebagai pihak dua Bp. H.Sugiyono tetangga terdekat yang langsung kena dampak kesepkatan itu disaksikan oleh Wahyudi dari Polsek Depok Barat. Koramil Sudarmadji, Satpol PP. Sutriyanto, utusan Lurah Caturtunggal,  Panewu Depok  Abu Bakar, juga salah satu angggota Komisi A. Ibu Ani Martanti  DPRD kabupaten Sleman.

PELEMIK GANGGUAN  DI PROTES WARGA

Seiring dengan perkembangan usaha cafe lantas menuai polemik dimana  saat pihak kafe memutar live musik ternyata suaranya  masuk tembus hingga ke rumah rumah warga terdekat karena memang tidak ada peredam, sehingga pihak kafe diberikan teguran 1 tanggal 25 Agustus 2021 teguran ke dua  16 desember 2021 dan ketiga   1 November 2021 semua teguran diberikan ditembuskan ke camat, Lurah, Dukuh  RT RW hingga terjadi kesepakatan lagi dengan musyawarah.  

Dalam perkembangan selanjutnya karena noice suara musik  memang mengganggu maka warga RT 05 RW 2 Kledokan tersebut melanjutkan pada 5 Maret 2021 membuat kesepakatan lagi dimana  dalam satu minggu hanya live musik 2 kali, batas main mutar musik  sampai dengan jam 21.00 malam.

WARGA MELARANG LIVE MUSIK YANG MENGANGGU

Sedang seluruh  kafe yang beroperasi diwilayah Kledokan harus mentaati peraturan dan  dilarang menganggu kenyamanan, kebisingan, atau polusi suara live musiknya. Kesepakatan yang ke tiga adalah warga Kledokan  menolak  dan melarang cafe beroperasi dengan menggunakan live musik  apabila menganggu kenyamanan warga sekitar. 

Adapun  peraturan tersebut disepakati mulai dari RT 01 sampai Rt 08  RW 02 ketua RW 3 RW 1 ketua KK Lpmd, Dukuh, ketua pemuda, tokoh masyarakat termasuk bp. H.Sugiyono ST warga terdekat Kafe yang langsung terdampak, selanjutnya surat disampaikan ke para  pejabat baik lurah Camat dan lainnya.

LURAH DAN PIHAK KAFE

Atas putusan warga dan tokoh serta lembaga padukuhan tersebut maka pihak kafe carney diwakili Muh. Hidayatulloh sebagai pihak  1 mewakili management  kafe sepakat dengan bapak Lurah Caturtunggal Agus Santosa S.Psi agar tak terjadi gesekan tandatangai kesepakatan

Keduanya menyepakati  atau membuat surat kesepakatan live musik hanya diadakan dalam ruangan berperedam secara akustic sehingga  suara tak mengganggu masyarakat sekitar dengan jadwal maksimal 3 kali seminggu jam buka dan tutup sesuai  peraturan yang berlaku di kabupaten Sleman kemudian berkait lahan parkir dikelola oleh padukuhan dikoordinasi oleh dukuh setempat .

PIHAK 1 AKAN AKAN DI BERI SANGSI SESUAI PERATURAN YANG BERLAKU

Kesepakatan akan mengikat pada pihak 1 dan 2 atau apabila salah satu pihak yang melanggarkan mendapat teguran 1 sampai 3 untuk musyawarah mufakat. Apabila pihak pertama Kafe carney melanggar kesepakatan maka bersedia diberi sangsi sesuai dengan perundangan yang berlaku .

Hingga berita ini diturunkan yang sebelumnya awak media pastvnews.com 21 Januari 2022 yang telah mencoba menggali informasi kemudian juga konfirmasi dengan pihak  - pihak dan warga terdampak seperti dengan H. Sugiyono.

Hasil pengamatan awak media merekam musik saat di bunyikan dikafe tersebut memang  sangat terdengar dari berbagai rumah termasuk dalam rumah terdekatnya, karena musik los atau terbuka yang memang tidak ada peredamnya sehingga menggangu penduduk sekitar yang terdekat.

LIVE MUSIK HARUS DI HENTIKAN

H.Sugiyono ST. pun meminta agar sesuai kesepakatan awal serta kesepakatan Lurah dan managent kafe terkait  live musik memang harus dihentikan karena meninjau saat  sosialisasi perdana dulu sebelum operasional tak ada agenda live musiknya, nah saat ini telah mengganggu kenyamanan warga termasuk keluarga kami,  apalagi disaat anak anak sedang mau belajar dan istirahat  terasa tidak nyaman selain  juga tidak bisa konsentrasi

MUSIK DI PUTAR KERAS GANGGU WARGA TERDEKAT

Nah keluarga  kami yang paling terdampak untuk itu kami mengharuskan tidak ada live musik karena nyata - nyata mengganggu, musik diputar kadang malam Sabtu, minggu juga malam senin, gangguan kenyamanan dan polusi suara ini  juga kami laporan ke Bupati Sleman dan  pada tanggal 21 Januari 2022, jelasnya. 

Tentu ini saya melakukan pengaduan  atau laporan terkait ketertiban umum atas kebisingan acara live musik yang dilakukan oleh pihak kafe carney bisa stop.

Warga dan RT Rw telah menyepakti untuk tidak live musik yang menggangu jika diteruskan maka  kami akan meneruskan dengan jalur hukum yang berlaku sesuai kesepakatan Lurah  dan pihak kafe di atas. Kami melangkah sebagai wujud keresahan karena tidak aman, ‘Papar Bapak Giyono yang berprofesi sebagai tukang listrik  profesionasl dan tokoh masyarakat di Kledokan tersebut.

AKIBAT MUSIK  GANGGU KESEHATAN WARGA TERDAMPAK

Sementara itu Bu Sugi warga terdampak lainnya juga mengaku pernah drop kesehatannya hingga 2 hari akibat serunya live musik  kafe berakibat tak bisa  tidur.  Pernah juga ada acara pengajian malah ada musik sangat keras, maka saya Labrak.

Pokoknya  jangan mutar musik dan silahkan usaha, tetapi musik jangan dilanjutkan, buat kedap suara  jangan membuat resah sehingga bisa nyaman tetangga sebelah, Tandasnya.

Kasus live musik kafe carney yang menganggu kemudian diprotes warga tersebut  sejak disomasi menjadi perhatian serius  terlebih warga telah menolak atau melarang agar tak mengganggu warga setempat hingga di laporkan ke berbagai pihak.

PERATURAN UNDANG -UNDANG  LINGKUNGAN RI

Sesuai undang undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup maka dalam pasal amdal Pasal 22 Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki amdal.

Pasal 26 (1) Dokumen amdal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 disusun oleh pemrakarsa dengan melibatkan masyarakat. (2) Pelibatan masyarakat harus dilakukan berdasarkan prinsip pemberian informasi yang transparan dan lengkap serta diberitahukan sebelum kegiatan dilaksanakan. Masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat mengajukan keberatan terhadap dokumen amdal. Pasal 65

Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia.

Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akses informasi, akses partisipasi, dan akses keadilan dalam memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. (3) Setiap orang berhak mengajukan usul dan/atau keberatan terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup.

Pasal 66

Setiap orang yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat tidak dapat dituntut secara pidana maupun digugat secara perdata.

Pasal 100 (1) Setiap orang yang melanggar baku mutu air limbah, baku mutu emisi, atau baku mutu gangguan dipidana, dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah). (tim red/ed-nur)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi