Kembali Ke Index Video


Wabup Sleman Danang Maharsa Nonton Penyelenggaraan Seni Tari Kuda Lumping Triharjo Sleman

Senin, 17 Januari 2022 | 17:52 WIB
Dibaca: 138
Wabup Sleman Danang Maharsa Nonton Penyelenggaraan Seni Tari Kuda Lumping Triharjo Sleman
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat menyampaikan apresiasinya

SLEMAN – PASTVNEWS.COM, warta seni dan budaya menampilkan trian  kuda lumping dan menjadi tontonan warga. dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka kegiatan pementasan seni tari kuda lumping Turonggo Sakti di Dusun Murangan VII, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Sleman, Minggu 16 Januari 2022.

Wakil Bupati Sleman Danang maharsa dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap karangtaruna beserta seluruh pihak yang telah Kembali menyelenggarakan kegiatan seni tari kuda lumping yang sebelumnya sempat terhenti dikarenakan adanya kebijakan terkait pandemic Covid 19.

Kami sangat mengapresiasi kembali diselenggarakannya pementasan seni kuda lumping oleh kelompok seni Turonggo Sakti Dusun Murangan VII.,” katanya.

Danang menyebut penyelenggaraan pementasan seni tari tersebut menjadi salah satu upaya dalam menjaga serta melestarikan budaya yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Menurut Danang semangat para pelaku seni dan seluruh pihak yang ikut andil dalam melestarikannya patut mendapatkan dukungan terlebih, semangat tersebut tidak surut setelah dua tahun lebih pementasan kesenian terhenti akibat pandemi covid 19.

Lebih janjut, Danang mengatakan keberadaan kelompok kesenian di suatu daerah tidak hanya dapat melestarikan budaya tetapi juga menjadi wadah guyub dan kerukunan sesama warga sehingga dapat tercipta masyarakat yang memiliki rasa solidaritas dan kekeluargaan yang tinggi.

Dalam  kesempatan tersebut  Danang Maharsa juga  menghimbau kepada masyarakat beserta penyelenggara kegiatan untuk terus memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya. Danang juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk saling menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Usai membuka secara simbolis pementasan seni tari kuda lumping, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa beserta jajarannya menyaksikan secara langsung pementasan tari kuda lumping.

Sementara itu Lurah Triharjo sleman, Irawan, SIP yang diwakili oleh Pemerintah kalurahan Triharjo sleman mengatakan terkait kegiatan pentas seni kuda lumping yang dilaksanakan hari ini memang baru yang pertama.

Kami atas nama Pemerintah Kalurahan Triharjo saya mewakili Pak Lurah dan Pak Dukuh otomatis selaku masyarakat seutuhnya mengucapkan terima kasih dan merasa bangga bahwa pentas seni kuda lumping dihadiri oleh para Pejabat Kabupaten Sleman, di tingkat kapanewon dan tingkat kalurahan.

Kami Kalurahan Triharjo juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan prakarsanya adik- adik penuda berinisiatif  di awal tahun 2022 yang mengadakan pentas seni Kuda Lumping Turonggo Sakti yang sudah lama tidak pentas, karena beberapa waktu lalu karena dalam suasana pandemi sehingga mengakibatkan kondisi Pavuyuban Turonggo Sakti kurang terkondisikan.

Oleh karena itu kami berterima kasih kita kembali bersama-sama menguri- uri budaya dan semoga dalam pentas seni ini bisa kita jadikan sebuah wahana guyup rukun antara pemuda, orang tua dan adek- adek semuanya.

Sesuai yang diarahkan oleh Bapak Wakil Bupati Sleman dengan adanya pentas ini membuat adanya makna yang baik yaitu meningkatkan kerumunan diantara kita.

Selanjutnya juga kami mengucapkan terima kasih bahwa secara tidak langsung melestarikan budaya kita, budaya lokal berupa pentas seni tari Kuda Lumping sehingga nanti Paguyuban Turonggo Sakti bisa exis lagi intinya dalam arti tidak vakum.

Monggo nanti kita bareng dari beberapa unsur baik itu dari pengurus , pemerintah, dan  masyarakat kompak untuk melestarikan Paguyuban Turonggo Sakti, pungkasnya.Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi