Kembali Ke Index Video


Wujud Syukur Warga Padukuhan Krebet Bantul Gelar Merti Dusun

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:07 WIB
Dibaca: 363
Wujud Syukur Warga Padukuhan Krebet Bantul Gelar Merti Dusun
KENDURI MERTIDUSUN 2022

Bantul Mediapastvnews.com.Dalam rangka wujud syukur atas semua yang diberikan yang kuasa warga Padukuhan Krebet Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pajangan Bantul menggelar  Umbul Dongo Pujo Basuki dalam acara Merti Dusun.

Acara yang digelar setiap tahun ini dipusatkan di  pendopo kediaman Dukuh krebet Kemiskidi Sabtu 15/01.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo ,Anton Wahana Anggota DPRD Kabupaten Bantul Panewu Pajangan Kapolsek ,Danramil H.Sapto Sarosa serta masyarakat Padukuhan Krebet.

Joko Purnomo dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Bantul ikut mangayubagyo atasTerselenggaranya acara merti Dusun Krebet  yang merupakan wujud syukur kepada yang kuasa atas segala nikmat yang telah diberikan pada warga padukuhan krebet.

Dengan digelarnya acara Merti Dusun masyarakat bisa merasa handarbeni atau memiliki terhadap padukuhan sehingga bantul tetap Projo Tamansari Berbudaya Sejahtera Demokratis dan Agamis"Dengan digelarnya Merti Dusun setidaknya masyarakat merasa handarbeni pada padukuhan saling tolong menolong bersatu padu agar tercapai  tujuan pembangunan "ucap Joko .

Sementara lurah Sendangsari Durori S.pd i m.p.d dalam sanbutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wakil Bupati Bantul yang telah berkenan hadir di acara Merti Dusun Krebet

Durori menjelaskan acara Merti Dusun Krebet sudah diadakan sejak tahun 1948 atau kurang lebih sudah 73 tahun dan tak pernah berhenti "Tradisi Merti Dusun Krebet sudah sejak dulu diadakan sebagai wujud syukur pada yang kuasa atas limpahan nikmat yang diberikan"ujar Durori.

Acara Merti diawali dengan bersih bersih  makam .Pengajian.pentas kesenian dilajutkan doa bersama dan pada puncak acara menggelar pertunjukan Wayang Klithik dengan lakon Damarwulan Winisudho dengan dalang Ki Suparman dari Kulon Progo.

Atas  terlasananya kegiatan maka Duroripun berharap Masyarakat Padukuhan Krebet semakin adem ayem diberiksn kesehatan murah rejeki dan dijauhkan dari marabahaya" pungkasnya

Senada dengan apa yang disampaikan Dukuh Krebet Kemiskidi Untuk acara Merti Dusun tahun ini  tidak seperti tahun lalu sebelum Pandemi Covid -19 yang penting tetap dilaksanakan walaupun dengan sederhana.

warga bisa ikut semua di acara ini , "Merti Dusun merupakan even tahunan yang diadakan warga Padukuhan Krebet  Sebagai Wujud Syukur kepada yang Kuasa atas limpahan nikmat yang telah di berikan berupa rejeki ,kesehatan dan yang lainnya selain itu juga peninggalan nenek moyang yang harus kita pertahankan dan dilestarikan" pungkasnya.(wag).




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi