Kembali Ke Index Video


Lurah Sebagai Pengampu dan Pamomong Warga

Jumat, 23 Oktober 2020 | 10:46 WIB
Dibaca: 82
Lurah Sebagai Pengampu dan Pamomong Warga
Lurah Sendangadi, Damanhuri Sleman- Pastvnews.com Dengan telah terlaksananya Pelantikan dan Pengukuhan Lurah di Kabupaten Sleman Lurah  Sendangadi, Dananhuri saat ditemui media Pastvnews.com di Kantor Kalurahan Sendangadi Kapanewon Mlati Kabupaten Sleman. Kamis 22/10/2020 usai Pelantikan dan Pengukuhan Lurah oleh Bupati Sleman dan Gubernur DIY menyampakan selamat   terima kasih.

Menurut Lurah Sendangadi,  Damanhuri kepala desa dengan lurah itu memang agak berbeda kalau  kepala desa itu memimpin desa dan kalau lurah itu mengampu dan pamong, karena menurut yang saya rasakan lebih senang dengan nama lurah dari pada kepala desa, karena lurah itu sangat kharismatik, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan pernah merasakan di dua Kalurahan yang berbeda yaitu menjadi Kepala Desa di Sinduadi dan menjadi Kepala Desa di Sendangadi sekarang saya sudah menjadi lurah di Sendangadi, jelasnya.

Damanhuri menjelaskan semula mbah- mbahnya dulu memang  sebagai lurah, kemudian orang tuanya juga lurah.

Sedang ia sendiri yang dulu kepala desa, kini sudah dikukuhkan menjadi lurah. " Saya merasa senang bahwa saya sebagai pengampu dan orang tua dari seluruh warga kami yang ada di Sendangadi., ungkapnya.

Harapan kedepan Kalurahan Sendangadi menjadi kalurahan yang maju yang bangunannya serba memenuhi syarat dan indah, sehingga masyarakat sudah bisa mengetahui kinerja lurah dan kinerja pamongnya.

Ia juga akan mensosialisasikan kepada warga sekarang ini jabatan kepala desa telah dihapus  menjadi lurah dan perangkat desa di hapus  menjadi pamong, selanjutnya pamong- pamong ini namanya berbeda contohnya Kasi Pemerintahan itu menjadi Joyoboyo, Kasi Pelayanan itu bernama Kami Tuwo, Kasi Kesejahteraan itu Ulu- ulu, semua menjadi nama- nama yang kharismatik dan Tradisional zaman kraton, terangnya.

Seperti jaman dahulu ini untuk mendukung keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY).

Pada waktu Pengukuhan Gubernur DIY ngendikake bahwa lurah itu kharismatiknya semar. Semar itu digambarkan sebagai tokoh yang merakyat berwibawa dan tidak sombong, itu yang disampaikan Gubernur DIY pada pengukuhan.

Jadi kami selaku lurah  hampir seperti halnya semua dalam dunia pewayangan yang mana, kita bisa ngemong semua warganya ,karena semar itu sebagai pamomong.

Sedang  Lurah juga sebagai pamomong. Tentu Itu gambaran bahwa  lurah  sekarang  menjadi kharismatiknya Ki Semar Bodronoyo, Pungkas Damanhuri mengakhiri perbincangan dengan awak media pastvnews.com, ( Mar )




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi