Kembali Ke Index Video


Ketoprak Tobong Media Ekpresi Ruang Publik

Rabu, 21 Oktober 2020 | 22:01 WIB
Dibaca: 65
Ketoprak Tobong Media Ekpresi Ruang Publik
PERTUNJUKAN KETOPRAK TOBONG

Yogyakarta - pastvnews.com warta seni dan budaya. Ditengah gempuran budaya global, ketoprak tobong harus tetap hidup. Karena ketoprak tobong merupakan media ekspresi ruang publik bagi masyarakat.

"Ketoprak tobong merupakan bentuk praktek pertunjukan teater tradisi yang hakekat menunjukan eksistensi ruang publik" ungkap Pimpinan Paguyuban Ketoprak tobong Kelana Bakti Budaya, Risang Yuwono seusai dialog budaya dan gelar seni, di Kepatihan Komplek Kantor Gubernur DIY.

Lebih jauh Risang berharap terjadinya sinergi antara kampung, komunitas dan kraton. Di mana kebudayaan, praktisi seni dan masyarakat menyatu bertemu dalam ketoprak tobong.

Ketoprak tobong, sambung yang pria yang genap 35 tahun ini, menjawab kegelisahan para pemain. Para pemain yang 1-2 terakhir kurang diperhatikan bisa kembali bermain atau pentas ketoprak.

"Untuk kaum mellineal melalui ketoprak tobong saya sampaikan jangan terlalu tergila-gila pada budaya asing. Cari yang unik di kampung sendiri yang kemudian bisa dikemas menjadi pertunjukan wisata"pesannya.

Risang menambahkan masyarakat atau teater seni dapat datang dan bermain di tobong Kelana Bakti Budaya di Brayut Wukirsari Cangkringan Sleman.

Dalam kesempatan tersebut Risang juga mengajak Brilliana Arfira Desy, aktris pemeran Yu Ning di film pendek yang berjudul Tilik.( njar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi