Kembali Ke Index Video


200 PEREMPUAN BERKEBAYA INDONESIA MENARI

Minggu, 15 Mei 2022 | 06:37 WIB
Dibaca: 273
Perempuan Berkebaya Menari Secara kolosal

YOGYAKARTA - Pastvnews.com, seni dan budaya sebuah perhelatan yang menunjukan perempuan berkebaya tampil dengan khas pakaian budayanya. Perkumpulan perempuan berkebaya Indonesia mengadakan, gelar ragam kegiatan dan satu diantaranya adalah lomba berkebaya wanita Indonesia khususnya di daerah Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan ketua pelaksana lomba berkebaya Indonesia MG Tinuk Suhartini kepada para wartawan di, halaman kantor walikota Yogyakarta Sabtu 14 Mei 2022.

Lebih lanjut Tinuk mengatakan ini adalah salah satu cara kami, berkampanyekan ingin memperkenalkan kebaya agar mangkin di cintai dan dilestarikan oleh perempuan Indonesia khususnya wanita Yogyakarta.

Tinuk juga menjelaskan kampanye yang kami lakukan ini, ada banyak cara diantaranya dengan menari berpakaian kebaya ini adalah salah satu cara kami mengkempanyekan kebaya agar mangkin di kenal oleh perempuan Indonesia.

Mengapa menari ? kata Tinuk karena menari itukan salah satu produk budaya dan visi misi kami, kan melestarikan budaya Indonesia selain kebaya kami juga ingin agar tarian juga tetap dikenal tetap dicintai memakai kebaya.

Sebetulnya kata Tinuk kami mengundang publik untuk bersama - sama menari dengan kami, namun karena terkendala oleh Covid -19 kami hanya diminta membatasi peserta yaitu pada hari ini hanya ada 200 peserta.

Kedepanya kami berharap lebih dibebaskan untuk menentukan jumlah pesertanya, Tinuk juga menjelaskan perempuan berkebaya Indonesia ini berdiri pada bulan Oktober 2015.

Komunitas ini mempunyai misi tetap melestarikan budaya indonesia, dan bervisi mengangkat kebaya sebagai busana keseharian perempuan Indonesia.

Hingga kini kata Tinuk lebih dari 50 orang perempuan telah menjadi anggota aktif di komunitas ini, kita tidak membatasi usia maupun latar belakangnya yang menyatukan adalah kecintaan terhadap pelestarian kebaya sebagai dari budaya Indonesia.

Dalam rangka perwujudan cita dan upaya pelestarian budaya indonesia, Perempuan Berkarya Indonesia ( PBI) maka dengan itu kami mengajak para perempuan untuk belajar bersanggul dan menari bersama - sama.

Ditambahkan, dalam acara pada hari ini kami juga menarikan sebuah tarian yang, merupakan tari kreasi milik Perempuan Berkebaya Indonesia selain menari bersama peserta akan diajak untuk belajar memakai sanggul cepol terlebih dahulu.

Kegiatan bertajuk ' kebaya menari ' adalah kolaborasi dari Padepokan Seni Omah Cangkem dan, Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta lagu yang berjudul kucinta Indonesia. Yang tarianya adalah hasil ciptaan koreografer ternama Bapak Anter Asmorotejo. Tinuk juga menyampaikan peserta tari  dan sanggul dari seluruh lapisan masyarakat dengan rentan usia 4 tahun hingga hampir  55 tahun.

Peserta diikuti pula oleh beberapa buruh gendong pasar Beringharjo. Kata Tinuk selain perempuan berkebaya menari peserta juga diajak belajar memakai sanggul cepol.

Selanjutnya juga menyuguhkan fashion show dari salah satu sponsor diperagakan penampilan terbaik, sanggul terbaik, penampilan terunik, Penari terheboh, peserta termuda dan Peserta tertua, pungkasnya, Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi