Kembali Ke Index Video


Ahli Waris Tanah Tutupan Untuk JJLS Bantul Minta Ganti Rugi Tak Hanya Tanamannya

Rabu, 11 Mei 2022 | 10:00 WIB
Dibaca: 190
PARYANTON SEKJEN DDAN AHLI WARIS TANAH TUTUTPAN

Bantul- media pastvnews.com, proyek setrategis jalan lintas selatan Jawa yang telah di bangun dan kelanjutannya akan dibangun melewati perbukitan di wilayah Grogol Kretek Parangtritis Bantul kemudian akan ada 18 kelok yang  akan di buat.

JJLS  yang memasuki wilayah Grogol Parangtrotis diperbukitan ini mengenai tanah warga leter  C dan hingga di muatnya ini 11 Mei 2022 para ahli waris  belum menerima ganti rugi soal tanah tersebut..

Menurut Drs.Suparyanto M. Hum sekjen pengelola tanah rampasan  atau tanah tutupan Jepang di saat penjajahannya.  mengatakan memang tanah ini ada ahli waris sejjumlah 256  dan sekarang sudah generasi ke 3. Soal tanah masih belum final karena warga ahli waris belum juga mendapat ganti rugi atau ganti untung dari program proyek jjls tersebut.

Sementara untuk penggganti tanaman tumbuh di atas tanah yang terkena JJLS malah sudah ada proses pembayarannya ini aneh ‘kata Paryanto.

Oleh sebab itu kami terus berupaya untuk mendapatkan hak sebagai pewaris tanah  yang kesasak jalan lintas selatan itu, sehingga Maret  2022 yang lalu kami mengirimkan surat ke Mentri PUPR dengan tembusan ke Presiden dan lainnya agarmendapat tanggapan, kami masih menunggu minta ganti untung .

Sementara itu pakar hukum pidana DR Rohmidhi SH.MH  ketika dimintai  komentar polemik setatus hukum tanah rampasan jepang yang itu tercatat milik warga di buktikan dengan Leter C,  maka  pakar hukum pidna tersebut dengan sangat jelas mengatkan, itu ada pewarisnya dengan demikian ganti rugi atau untung  ya ke ahli waris.

Apalagi menurut UU cipta kerja dan PP. nomor 19 tahun 2021 mengkait pengadaan tanah untuk kepentingan umum sudah sangat jelas , jadi itu tidak sulit  tingga membuat komitment, kemudian soal ada coretan merah di catat buku Desa itu tidak jelas sebab tidak ada perbuatan hukum peralihan Hka atas tanah di saat itu, makanya dasarnya sebenarnya sudah terang benderang, Tandas DR. Rohmidhi SH. M.H pada 9 Mei 2022. Ketika memberikan tanggapan kepada wartawan pastvnews.com, tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi