Kembali Ke Index Video


Tradisi Tali Silaturohim Kuda Lumping Soka 1 Syawal Pentas Ada Barongan Lambenya Menor Kemayu

Selasa, 3 Mei 2022 | 19:45 WIB
Dibaca: 192
pentas kuda lumping jadi tontonan gratis

Gunungkidul - pastvnews.com, warta seni dan budaya, kesenian daerah jatilan atau kuda lumping setiap pentas banyak dilihat para pandemennya.

Kesenian ini memang telah ada sejak nenek moyang orang Jawa sehingga  keberadaannya masih  dilestarikan masyarakat dan  kaum muda sebagai kesenian yang menarik

Satu kegiatan group. jatilan asal Soka Ngoro oro Patuk Gunungkidul pada hari Senin 2 Mei 2022 bertepatan 1 syawal  1443 Hijriyah pentas di padukuhan setempat.

Kehadiran pentas tentu memberikan spirit untuk saling ketemu bagi generasi baik yang tua muda dan bermanfaat yang  bisa sebagai ajang  saling mengenal dan mengenang.

Tarian jatilan  ini  juga ditonton oleh ratusan masa dari berbagai wilayah di Patuk sebab setiap lebaran  pertama dipentaskan.  Salah satu wara yang tak mau di sebut namanya mengatakan  setiap lebaran hanya ini yang pentas, Papar salah satu warga tersebut.

Dukuh Soka hadir dan mengarahkan  penonton untuk diluar pagar pembatas,, sementara situasi dalam setiap babak variasi tarian putra dan putri  berbeda beda.  Datil tahu ini memasuki babak 2 di turun hujan sehingga sejenak pentas dihentikan karena sambil penari dandan menunggu hujan reda.

Diungkapkan tahun ini 2022 lebih gayeng dari pada  2 tahun yang lalu  karena saat ittu ada corona.

Sejak saya kecil hingga jadi dukuh kesenian ini memang sudah tampil setiap 1 syawal ini sebai maskot seni yang masih lestari. Papar Dukuh tersebut.

Jalannya joget yan di iringi barongan hitam dan  putih yang  kemayu  tersebut menjadi bagian yang lihat para penontonnya.  Monggo di tinggali ngantos rampung nggih .Pungkasnya. tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi