Kembali Ke Index Video


Warga Kalurahan Girimulyo Panggang Gunungkidul Tumplek Blek Hadiri Acara Sedekah Labuh

Minggu, 4 September 2022 | 09:18 WIB
Dibaca: 141
          Warga Kalurahan Girimulyo Panggang Gunungkidul Tumplek Blek Hadiri Acara Sedekah Labuh
ACARA KENDURI SEBAGAI ADA TRADISI YANG BISA MENYATUKAN WARGA

Panggang-pastvnews.com, Upacara Tradisi Adat Sedekah Labuh masih jadi tradisi yang tidak pernah di tinggalkan  dan masih medapat sambutan yang meriah dari warga  Girimulyo Kapanewon Panggang  terbukti dalam acara kirab budaya yang digelar pada hari Jum'at 2 /9/2022 berlokasi di Simpang 4 Padukuhan Legundi tampil meriah.

Dari 7 Padukuhan yang ada semuanya tampil membawa Gunungan dan prajurit Bergodo dan diikuti warga dari padukuhan masing masing.

Ke tujuh padukuhan tersebut yakni Padukuhan Tungu .Wintaos, Macan Mati. Prahu. Legundi, Kadisobo dan Padukuhan Tanggung. Semua bergodo dari masing masing Padukuhan mengambil start di pertigaan Pring watang mengarah simpang empat Legundi dan dilanjutkan Kenduri di Balai Kalurahan Girimulyo.

Ketua panitia  Riyanto saat di hubungi menjelaskan acara sedekah labuh di adakan sebelum  musim tanam padi jagung dan jenis Palawija  lainnya " acara sedekah labuh bertujuan  meminta pada Yang Maha Kuasa agar bibit yang kami tanam bisa tumbuh sempurna dan memperoleh hasil yang maksimal "ucap Riyanto.

Ditambahkan Riyato bahwa tradisi seperti ini akan terus di pertahankan di uri uri  untuk melestarikan Budaya. Riyanto menambahkan acara yanh di gelar di wilayahnya tidak memandang dan mebedada bedakan Suku.ras  Agama, golongan dan yang lainya semuanya jadi satu misi untuk memajukan Kalurahan Girimulyo yang maju dan berbudaya.

Sementara Lurah Girimulyo Sunu Raharjo menyampaikan Kirab Budaya ini selain meramaikan tradisi sedekah labuh juga  mengembangkan potensi unggulan dari masing masing padukuhan harapannya nanti Girimulyo menjadi Kalurahan Budaya.

Tentu kami akan selalu berusaha sekuat tenaga dan kerjasama dengan warga Girimulyo untuk menuju kalurahan budaya "pungkas Sunu (Wag)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi