Kembali Ke Index Video


Pemkab Sleman Luncurkan Sistem Belanja Digitalisasi

Rabu, 26 Agustus 2020 | 12:02 WIB
Dibaca: 96
Pemkab Sleman Luncurkan Sistem Belanja Digitalisasi
BUPATI SLEMAN SRI PURNOMO RESMIKAN BELANJA SISTEN GIGITALISASI

Sleman - Pastvnews.com Pemerintah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Bank BPD DIY Cabang Sleman meluncurkan sistem digitalisasi pasar yang dilaksanakan di shelter Denggung Sleman Selasa, 25/8/2020.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh sejumlah Pejabat,  Kapolres Sleman, Wakil Ketua DPRD Sleman, Pemimpin Cabang Bank BPD DIY Cabang Sleman, Kepala Dinas Perindag Sleman serta pejabat lainnya.

Sementara itu, agenda utama adalah peluncuran digitalisasi pasar yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. Bupati Sleman mengatakan digitalisasi di pasar rakyat ini diharapkan mampu mendorong laju perekonomian di Kabupaten Sleman 

Sri Purnomo memaparkan, berdasarkan data hingga bulan Mei 2020  omset pasar yang dikelola oleh Pemkab Sleman mengalami penurunan hingga 47 persen karena akibat dampak pandemi Covid- 19.

DI tambahkan pula bahwa dengan transaksi secara digital di pasar rakyat  maka akan dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19. 

Dengan peluncuran ini diharapkan mendukung kesiapan masyarakat dan para pedagang pasar untuk bertransaksi secara non tunai melalui e-wallet yang dihubungkan dengan fasilitas QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standard). 

Data Di kabupaten Sleman sebanyak 42 pasar yang dikelola oleh Pemkab 21 pasar  telah menerapkan sistem belanja online.

Sedangkan yang sudah menerapkan e-payment, e-retribusi dan belanja online sebanyak 6 pasar, melakukan uji coba QRIS di tiga  yaitu Pasar Denggung, Pasar Gentan, dan Pasar Prambanan.

Pemimpin Bank BPD DIY Cabang Sleman, Effendi Sutopo Yuwono, menjelaskan bahwa transaksi non tunai yang diluncurkan tersebut menggunakan QRIS yaitu pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dapat dilakukan lebih mudah lebih cepat dan terjaga keamanannya.

Pada kesempatan ini Bank BPD DIY juga menyerahkan CSR sebesar 50 Juta  berupa fasilitas sarana prasarana di Shelter PKL Pasar Denggung CSR diberikan dalam bentuk barang dua buah billboard, papan nama, meja dan kursi 32 unit, nomor meja acrylic, dan sound system, terangnya.

Digitalisasi ditandai dengan pembayaran retribusi online melalui aplikasi QRIS BPD DIY oleh pedagang dan dilanjutkan peninjauan ke pedagang kuliner Bupati Sleman didampingi rombongan, ‘pungkasnya. ‘Mar.

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi