Kembali Ke Index Video


SLEMAN WORKSHOP TRANSFORMASI KOPERASI UNTUK EKONOMI BERKELANJUTAN

Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:03 WIB
Dibaca: 619
SLEMAN WORKSHOP TRANSFORMASI KOPERASI UNTUK EKONOMI BERKELANJUTAN
Dok hari koperasi sleman 2022

SLEMAN- Pastvnews.com warta daerah, memperingati puncak Hari Koperasi ke-75, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Sleman, mengadakan workshop di Hotel Alana, jl. Palagan Tentara Pelajar, Selasa 2Agustus 2022.

Workshop yang mengangkat tema "Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan" ini dibuka oleh Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman, Haris Martapa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong terwujudnya modernisasi dan digitalisasi koperasi.

Hal ini sesuai dengan program dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Tidak hanya digitalisasi hulu ke hilir, tapi juga digitalisasi dalam administrasi koperasi dan proses rekruitmen anggota, pengurus pengawas dan pengelola koperasi.

"Di Kabupaten Sleman sendiri, baik koperasi modern dan koperasi digital masing-masing terdapat satu koperasi, yaitu Koperasi Peternakan Sarono Makmur dan Koperasi Sasuka Online Indonesia. Beberapa usulan rintisan koperasi modern telah diajukan ke Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Diharapkan modernisasi dan digitalisasi koperasi juga dapat menarik minat anak-anak muda dan generasi milenial untuk ikut berkoperasi," jelasnya.

Haris mengatakan, bahwa dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke-75 ini, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman juga menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan lainnya, diantaranya penilaian Koperasi Berprestasi yang dilaksanakan kepada 4 Jenis Koperasi yaitu Jenis Koperasi Jasa, Konsumen, Pemasaran dan Produsen.

Selain itu juga diadakan lomba paduan suara antar gerakan koperasi, lomba cerdas cermat antar SLTP dan antar SLTA. Lalu digelar pula workshop kelembagaan koperasi dengan Tema Digitalisasi Koperasi Untuk Penguatan Kelembagaan.

Kemudian workshop Pengawasan Koperasi dengan tema Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan menuju koperasi yang sehat dan akuntabel.

Senada yang disampaikan oleh Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo. Menurutnya perkembangan perekonomian dan era

digital yang semakin luas menjangkau seluruh aspek kehidupan masyarakat seperti saat ini. Diharapkan koperasi mampu menjawab tantangan perkembangan zaman dengan melakukan berbagai inovasi.

 Hal ini dinilai penting guna menampilkan wajah koperasi yang lebih modern, adaptif dan kreatif, "ungkap Kustini.

 Dengan upaya modernisasi, maka koperasi akan mampu menghadapi tantangan-tantangan baru sehingga dapat tercipta ekonomi yang berkelanjutan," tuturnya. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi