Kembali Ke Index Video


PEMKAB SLEMAN SERAHKAN 253 BUKU REKENING REHABILITASI RTLH KEPADA WARGA SLEMAN

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:59 WIB
Dibaca: 279
 PEMKAB SLEMAN SERAHKAN 253 BUKU REKENING REHABILITASI RTLH KEPADA WARGA SLEMAN
Bupati Sleman menyerahkan buku rekening rehabilitasi RTLH kepada penerima secara simbolis, 25 Juli 2022. Sleman-Pastvnews.com   warta daerah, pemerintah Kabupaten Sleman menyerahkan sebanyak 253 buku rekening rehabilitasi RTLH kepada warga Sleman secara simbolis, di Kalurahan Tirtoadi Mlati Sleman, 25 Juli 2022.

Bupati Sleman, Dra. Hj. Kusrini Sri Purnomo, menyampaikan,  Kebutuhan akan rumah tinggal yang layak huni merupakan salah satu hak dasar rakyat Indonesia khususnya warga Sleman, oleh karena itu setiap warga negara berhak untuk mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Dengan rumah layak huni kehidupan masyarakat, diharapkan akan semangkin sehat maupun fisik dan psikis sehingga mampu berdaya secara ekonomi dan lebih produktif.

Bupati Kustini mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung lancarnya pelaksanaan kegiatan ini, tanpa didukung oleh banyak pihak acara ini tidak terlaksana maka dari kata Bupati program RTLH tidak dapat kita lakukan dengan optimal.

Kegiatan RTLH ini adalah merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Sleman bersama masyarakat dan pihak dari swasta, dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sleman.

Kegiatan rehab rumah RTLH ini sudah dilakukan oleh Pemkab Sleman sejak tahun 2010 , sampai dengan saat ini total sudah menangani sejumlah 11.066 unit yang tidak layak huni yang bersumber dari dana PBN,APBD Provinsi, APBD Kabupaten, BAZNAS dan CSR.

Hj. Kustini mengatakan bahwa, Pemkab Sleman telah memperoleh DAK bidang perumahan kurang lebih sebesar Rp 7,77 Miliar, yang terdiri dari DAK Rp 4,44 M dan sharing APBD Rp 3,33 M sedangkan kegiatan peningkatan kualitas RTLH APBD bidang perumahan sebesar Rp 3,912 M.

Pemkab Sleman juga mendapatkan alokasi anggaran rehabilitasi RTLH untuk peningkatan kualitas dan pembangunan baru dari Provinsi DIY sebesar Rp 3,51 Miliar.

Sedangkan alokasi anggaran baik DAK maupun APBD tersebut belum mencukupi, kebutuhan untuk peningkatan kualitas 9,841 unit RTLH dan 3,811 unit pembangunan baru selama tahun 2021.

Hj. Kustini menyampaikan, Pada tahun 2022 ini penanganan RTLH di Kabupaten Sleman untuk peningkatan kualitas RTLH sebanyak 400 unit dan, pembangunan baru melalui program DAK dan APBD provinsi sebanyak 258 unit sehingga masih ada daftar tunggu RTLH yang belum tertangani sejumlah 12,944 unit.

Terdiri dari 9,441 unit untuk peningkatan kualitas RTLH dan 3,553 unit pembangunan baru, pelaksanaan kegiatan untuk penanganan RTLH hingga saat ini sudah pada tahap pencairan kepada semua penerima.

Bantuan yang diberikan melalui Bank Sleman pada tahap ini akan diserahkan sebanyak 253 buku rekening bantuan dari APBD dan 222 buku rekening dari dana DAK.

Dana bantuan rehabilitasi RTLH ini agar dipergunakan untuk memperbaiki rumah secara optimal, sehingga rumah warga nantinya benar - benar layak huni dan sehat untuk ditinggali.

Pemkab Sleman sangat menyambut dan membuka kesempatan kolaborasi dan kerjasama dalam upaya rehabilitasi RTLH ini, saya juga mengajak masyarakat maupun swasta untuk bersama - sama berpartisipasi dan peduli mengentaskan kemiskinan melalui rehabilitasi RTLH ini, pungkasnya, Mar

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi