Seni Dan Budaya

KARYA DAN PENGABDIAN EMPU KARAWITAN…

Senin, 22 Agustus 2016 | 08:01 WIB 0 comments
KARYA DAN PENGABDIAN EMPU KARAWITAN… Media pastvnews.com, Sebagai empu karawitan Ki  Wiryah Sastrowiryono atau dikenal  Romo Saswir di kalangan  pecinta  karawitan, wajar jika  kemudian  Ki Saswir disebut  sebagai empu. Untuk menjadi empu karawitan, Ki  Saswir banyak belajar dari  kerabat keraton  Ngayogyakarta, yakni KRT  Poerwonegoro (ayahnda BRAy Poeger)  hanya satu-satunya  kerabat Keraton yang memiliki gamelan.

Read more

Satriyo pinilih melawan angkoro…

Minggu, 21 Agustus 2016 | 06:44 WIB 0 comments
Satriyo pinilih melawan angkoro… Media pastvnews.com,warga wukirsari imogiri bantul malam mingggu 21 Agustus 2016  menggelar wayang kulit dengan lakon  yang cukup bagus yakni tumuning wahyu kebenaran, mampu mengalahkan niat jahad dan angkoro murko.

Read more

Warga cebongamn ngestiharjo bantul…

Senin, 15 Agustus 2016 | 06:43 WIB 0 comments
Warga cebongamn ngestiharjo bantul… Ngestiharjo-media pastvnews.com, minggu 14 agustus 2016 warga cebongan Ngestiharjo Bantul melaksankan kirap dengan mengusung bregodo berkuda dan  bregodo keprajuritan. Kegiatan ini di gelar untuk memperingati Kemerdekaan RI ke 71 tahun 2016.

Read more

BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA…

Sabtu, 13 Agustus 2016 | 15:14 WIB 0 comments
BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA… Yogyakarta media pastvnews.com, merupakan kota dengan willayah historis unik,sejak dibangun  2,5 abad lalu sebagai  kota keraton,  Yogyakarta dibangun dengan konsep filosofi  Jawa-Hindu –Islam  yang  tercermin dalam penataan  ruang fisik tata kota , serta simbol .

Read more

20 MILYAR UNTUK MEMBANGUN TAMAN…

Senin, 8 Agustus 2016 | 06:22 WIB 0 comments
20 MILYAR UNTUK MEMBANGUN TAMAN… Wonosari-Pastvnews.com – Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, Sos merencanakan akan membangun gedung Taman Budaya senilai 20 Milyar, yang bersumber dari Dana Keistimewaan (Danais).

Read more

Kirab dan Pusat Budaya Desa Srimulyo…

Minggu, 31 Juli 2016 | 18:13 WIB 0 comments
Kirab dan Pusat Budaya Desa Srimulyo… kirab budaya ajang media kumpulkan masa lestarikan budaya lokalMedia warta digital pastvnews.com, kirab budaya payak wetan tahun 2016 di lakukan minggu 31 Juli 2016 dengan star bekas pasar Piyungan Bantul dan finish di padukuhan payak wetan atau timur kantor  desa Srimulyo atau menempuh jarak sekira 1 km.

Read more

Sadranan di Alas Wonosadi, Beji,…

Selasa, 26 Juli 2016 | 06:03 WIB 0 comments
Sadranan di Alas Wonosadi, Beji,… Ngawen - Pastvnews.com warta budaya adiluhung Upacara adat Sadranan bagi masyarakat Gunungkidul mungkin sudah tidak aneh lagi. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Beji, acara adat Sadranan merupakan acara tahunan yang dilakukan setiap tahun sekali, waktunya  diantara hari Senin Legi atau Kamis Legi, setelah masa panen padi.

Read more

DI SALATIGA BANGUNAN CAGAR BUDAYA…

Sabtu, 23 Juli 2016 | 16:30 WIB 0 comments
DI SALATIGA BANGUNAN CAGAR BUDAYA… MEDIA PASTVNEWS.COM, BANYAK  bangunan cagar  budaya (BCB)  di Salatiga  keadaan kurang terawat,  bahkan  rusak  parah dan beralih  fungsi menjadi milik pribadi.  Bangunan yang  bernilai sejarah dan menjadi bisu perjalanan bangsa ini cenderung rusak.Salatiga berada di lereng gunung  Merbabu, dengan luas wilayah 17,87  kilometer.

Read more