Kembali Ke Index Video


Pers Tour Sinergitas Pemkab Sleman Untuk Mempromosikan Potensi Wisata Lokal

Kamis, 21 Desember 2023 | 22:23 WIB
Dibaca: 201
Pers Tour Sinergitas Pemkab Sleman Untuk Mempromosikan Potensi Wisata Lokal
dok. foto pastvnred.com bupati sleman dengan perangkat lain dan warga

SLEMAN- Pastvnews.com Menjelang di akhir tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sleman selenggarakan Pers Tour Sinergitas Perss dan Pemkab Sleman dalam rangka mempromosikan potensi lokal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga lokasi yang berbeda di wilayah Kalurahan Margoluweh, Kapanewon / Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman pada hari Rabu 20 Desember 2023.

Kegiatan Press Tour ini dihadiri lansung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Kepala Dinas Pendidikan Sleman,

Kepala Dinas Kominfo Sleman, Kepala Dinas PMK Sleman, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sleman, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Sleman, Panewu Seyegan, Danramil Seyegan, Lurah Margoluweh dan sejumlah pejabat yang terkait.

Dalam kunjungan pertama rombongan mengunjungi Sentral keripik belut dan aneka olahan keripik " Citra Rasa" di Dusun Klaci Margoluweh, Seyegan,

Pemilik keripik belut, Suwarti mengatakan dari proses pengolahan dari bahan mentah sampai produksi packejing serta akses permodalan selama ini telah dibantu oleh PPL tingkat Kapanewon Dinas Pertanian dan Perikanan Sleman dan Provinsi DIY ujarnya.

Suwarti juga menceritakan dari awal usahanya mulai dirintisnya sejak tahun 2021, ini usaha melanjutkan dari usaha ibuk nya." Saat ini keripik belut kami sudah membidik pasar menengah keatas, dulunya outlet kami berada di pasar Godean tapi sekarang kami membuat outlet di rumah.

" Ia juga mengatakan dengan terus menjaga kualitas agar produk kami tetap higienis, terutama bahan belutnya juga kami datangkan dari Jawa Timur ujar Suwarti yang juga menyediakan keripik bayam, paru dan wader.

Pemilik" Citra Rasa" Ini juga menceritakan, apabila ada kunjungan dan studi banding kesini kami mempersilakan para tamu melihat lansung cara prosesnya kami terbuka untuk itu.

Untuk pemasaran saat ini kami melayani, baik itu online dan offline disamping itu kami juga bekerjasama dengan beberapa pengelola Desa wisata yang ada di Sleman maupun luar dari Sleman terangnya.

Kunjungan yang kedua dilanjutkan ke lokasi Mina Padi Benteng Pangan Rakyat, yang terletak di Dusun Cibuk Kidul Seyegan." Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan terimakasihnya kepada para awak media, yang hadir dalam kegiatan Perss Tour.

Kami Pemerintah Sleman mengucapkan terimakasih atas dukungannya selama ini kepada Pemkab Sleman melalui pemberitaan - pemberitaan yang positif selama ini.

Tentunya kami berharap menjelang pemilu tahun 2024, marilah kita sama - sama menjaga situasi Kabupaten Sleman agar tetap kondusif perbedaan adalah kekuatan kita untuk membangun Sleman mari kita Sesarengan Mbagun Sleman tuturnya.

Selanjutnya Bupati beserta rombongan menuju acara Launching Wifi gratis yang ke 1.212 yang terletak di Taman Bacaan Gubuk Singa Cibuk Kidul, Kalurahan Margoluweh, Seyegan,Sleman.

Bupati Kustini menyampaikan, layanan Wifi gratis yang ke 1.212 ini adalah merupakan program prioritas pemerintah Sleman." Sejak awal karena program ini menjadi visi- misi Bupati dan Wakil Bupati Sleman, sejak awal kami mencalonkan dulu jelas' Kustini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro yang turut mendampingi Bupati melaporkan pelaksanaan program Wifi gratis ke 1.212 di padukuhan ini mulai dilaksanakan tahun 2021 dan selesai September 2023 kata Eka.

Tujuannya adalah mendukung aktifitas masyarakat dibidang pendidikan, sosial, ekonomi dan UMKM." Menurut Eka melalui teknologi digital hasil surve dari UNJ mengatakan, 84% masyarakat Sleman telah mengetahui program ini 77% nya telah memanfaatkan layanan Wifi gratis ini." Dampak dan manfaatnya 98,77% kecepatan akses 74,59% dan index kepuasan mencapai 71,61% ujar Eka.

" Jadi PR kami ditahun 2024 adalah jenis pemanfaatan layanan, agar Wifi gratis ini digunakan untuk hal - hal yang produktif, tutur Eka.

Bidang Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid mengatakan Erupsi merapi bisa menjadi bonus karena orang dapat melihat Erupsi merapi dari jarak aman." Saya pastikan itu bonus atraksi wisata, karena hal ini tidak didapatkan di daerah lain.

Ishadi menyampaikan jarak aman wisatawan saat Erupsi merapi, bisa di akses melalui HP android, dengan Sistim Informasi Sleman Tanggap bisa mengetahui jarak aman dan radius berapa kilo meter bagi wisatawan saat Erupsi merapi terjadi, terang Ishadi. ( Mar )




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi