Kembali Ke Index Video


FESTIVAL BREGADA GAMPING GEGAYENGAN 2022 MERIAH

Sabtu, 28 Mei 2022 | 08:11 WIB
Dibaca: 401
FESTIVAL BREGADA GAMPING GEGAYENGAN 2022 MERIAH
Wagub Sleman Panewu, Lurah Polsek Gamping, koramil dalam Pembukaan Festival Bregada 27 Mei 2022

SLEMAN- Pastvnews.com warta daerah, Festival Bregada Gamping Gegayengan Tahun 2022 Di Sleman meriah.

Pembukaan festival tersebut berlangsung di Halaman Kantor Kapanewon Gamping, Jumat 27 Mei 2022 sore. Sebanyak 5 Kelompok Bregada turut memeriahkan festival tersebut. Kelima kelompok tersebut mewakili Kalurahan Nogotirto, Balecatur, Ambarketawang, Trihanggo dan Banyuraden.

Acara tersebut dihadiri oleh Wabup Sleman, Danang Maharsa, SE., Pamong Budaya Agus Sumaryono, Panewu Gamping Sarjono, Lurah Ambarketawang Sumaryanto, Lurah Trihanggo, Putra Fajar Yunior, SH. Lurah Balecatur Andri Septiyanto, Lurah Nogotirto Faizin, Lurah Banyuraden Sudarisman

Wakil Bupati Sleman dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya festival bregada atau seni keprajuritan di wilayah Gamping.

"Saya menyampaikan apresiasi atas kesungguhan panitia dalam menyelenggarakan rangkaian Festival Kirab Bergada.

Upaya ini patut mendapatkan dukungan sepenuhnya mengingat DIY sebagai daerah istimewa mengemban misi dalam melestarikan warisan budaya," katanya.

Lebih lanjut, Danang mengatakan penyelenggaraan kegiatan kebudayaan seperti festival ini perlu dilestarikan sebagai bentuk penegasan bangsa yang kaya dan kuat dengan budaya dan adat istiadat.

"Saya juga berharap agar penyelenggaraan rangkaian kegiatan budaya semacam ini dilaksanakan secara berkesinambungan tidak hanya di wilayah Kepanewon Gamping namun juga di seluruh wilayah Kabupaten Sleman.

Pada kegiatan tersebut, Danang juga berkesempatan melakukan pelepasan kirab bregada. Usai dilakukan pelepasan, seluruh kelompok bregada melakukan kirab dengan menyusuri jalan di sekitar wilayah Kapanewon Gamping, terangnya.

Sementara itu Panewu Gamping Sarjono mengatakan," Jadi kali ini kita melaksanakan Festival Bregada di Kapanewon Gamping dalam rangka memperingati dan memeriahkan  Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 106.

Tentunya kita juga menggali potensi kebudayaan yang ada di masyarakat, kemudian tampilkan mereka dan kita berharap selalu mengembangkan dan melestarikan budaya yang ada di Kapanewon Gamping.

Di samping itu kita berharap karena 2 tahun masyarakat itu haus hiburan, ini memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat, terang Sarjono.

Sarjono menjelaskan, untuk  peserta festival bregada ini ada 5 kelompok Bregada perwakilan  dari masing- masing tiap kalurahan, yang terdiri dari 40- 60 orang perkelompoknya.

Harapan ke depan nanti pengembangan budaya yang ada di Kapanewon Gamping tetap dilaksanakan. Semoga pelestarian budaya ini setiap tahun tetap dilaksanakan sehingga disamping merupakan hiburan masyarakat mereka senang melakukan kegiatan sebagai pelaku budaya, pungkasnya. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi