Kembali Ke Index Video


Lurah Se Bantul Sambut Positif Program Padat Karya Tahun 2021

Rabu, 8 September 2021 | 20:22 WIB
Dibaca: 469
Lurah Se Bantul Sambut Positif Program Padat Karya Tahun 2021
Lokasi padat karya cor blok jalan di Ngasem Manggung Kowen II Timbulharjo Sewon Bantul

Bantul – Media Pastvnews.com, kabar warta daerah proyek pada karya di sejumlah tempat di Bantul Rabu 8-9-2021 seperti di katakan  Para lurah di Kabupaten Bantul memang  menyambut positif dan gembira terhadap adanya proyek pembangunan progam padat karya.

Kegiatan yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bantul melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) tahun 2021 yang dananya mempergunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD)  tahun 2021. Alasan mereka adalah karena padat karya mempunyai banyak manfaatnya.

Ungkapan dan pendapat sambutan positif itu sebagiaimana yang dikatakan oleh Lurah Kalurahan Timbulharjo Kapanewon Sewon Anif Arkham Haibar SPd,  Lurah Seloharjo Kapanewon Pudong dan Lurah Banguntapan Kapanewon Banguntapan Bahrudin (Jarot).

Padat karya banyak kegunaannya. Misalnya jalan yang dicor blok mejadi halus dan tertata sehingga enak untuk berlalu lintas, menjadi ramai, bersih dan memidahkan akses penduduk. Selain itu juga lingkungan menjadi lebih tertata bahkan harga tanah di sekitar juga bisa naik," ungkap Anif.

Ditambahkan,  dengan pembangunan bangket jalan dan drainase (irigasi) bisa melancarkan aliran air. Irigasi pertanian juga menjadi lebih lancar. Para petani menjadi lebih mudah dalam "lep"(mengairi) lahan pertaniannya.  Initinya bahwa padat karya bagus dan mempunyai banyak faidahnya.

Pada kesempatan dan waktu terpisah Lurah Banguntapan Bahrudin, menyatakan padat karya di Banguntapan sangat membantu dan menolong warga dalam melakikan embagunan fisik berupa cor blok jalan kampung.

Jalan yang dicor blok menjadi lebih baik,  tebal dan refresentatif untuk dipergunakan oleh masyatakat.  Maka ini diperlukan bagi warga kami. dan Pemerintah Kalurahan Banguntapan", kata Bahrudin.

Ungkapan dan sambutan lositif itu juga disampaikan oleh Lurah Seloharjo, Mihadi Badrun. Pihaknya menyatakan, padat karya banyak gunanya antara lain menjadikan motivasi dan edukasi bagi warga dalam membangun wilayahnya.

Selain itu dengan menjadi tenaga kerja di padat karya, warga yang bersangkutan juga memperoleh upah (bayar). Itu lumayan dan layak serta bisa untuk menyambung hidup mereka bahkan keluarganya", kata Muhadi.

Dikatakan,  semua tempat yang memperoleh padat karya semakin baik pembangunannya di bidangnya, misal cor blok jalan dan drainase serta bangket.

Berdasarkan data di Disnakertran Bantul bahwa Desa Timbulhajo pada tahun 2021 dalam program ini mendapatkan padat karya sebanyak dua titik.  Sedang Kalurahan Banguntapan memperoleh satu titik. Sedangkan Seloharjo mendapat satu titik pula. ‘Pd’

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi