Kembali Ke Index Video


Warga Padukuhan Kayen Condongcatur Kerja Bakti Rawat Airan Sungai

Selasa, 7 September 2021 | 19:34 WIB
Dibaca: 500
 Warga Padukuhan Kayen Condongcatur Kerja Bakti Rawat Airan Sungai
Warga Padukuhan Kayen Condongcatur Kerja Bakti Rawat Airan Sungai

Sleman- media Pastvnews.com, warta lintas sosial, warga RT 08 RW 45 Kayen kerjakbakti gotongroyong merawat aliran Air Sungai Sawah dul deso di Kayen, Condongcatur Depok Sleman. Minggu 5 September 2021.

Aliran sungai ini berhulu dari sungai Boyong (green kayen) Gunung Merapi melewati airan yang melewati aliran sungai ditengah kampung mulai dari RT 01, 02, 04, 05, 07 sampai RT 08 Padukuhan Kayen Condongcatur Depok Sleman

Menurut Ketua RW 45, Sukirman, dulu aliran sungai yang melewati perkampungan warga ini sering untuk membuang sampah akibatnya di hilir aliran sungai yang mengalir kebawah di persawahan ini selalu menumpuk sampah.

Kemudian pengurus RT RW 45 khususnya memasang papan larangan untuk membuang sampah di airan sungai dengan mencamtumkan denda dibarengi dengan himbauan sosialisasi dari pengurus kampung untuk tidak membuang sampah di sungai.

Sukirman juga menyampaikan perlahan warga yang dulu sembarangan membuang sampah mulai berkurang dan mulai hilang

Di aliran sungai yang mengairi sawah dul deso ini saat ini tampak bersih dan jernih airnya, warga kerja bakti membersihkan, menata dan merawat agar tetap asri, beberapa membuat kolam di persawahan.

Ada beberapa gubuk gubuk, setiap pagi sore banyak yang momong anaknya sambil ndulang maem di lingkungan ini juga sambil mendengarkan gemericik air, melihat pemandangan tanaman padi,  mendengarkan suara kodok sawah dan duduk di gubuk.

Kedepannya mungkin dipinggir pinggir sungai perlu ditanami bunga warna warni dan atau di dilepaskan ikan ikan disungai,  disebelah timur sungai ada perkebunan anggrek yang menyupai kebutuhan penjual karangan bunga hias di jogja dan yang lainnya, jelasnya. Mari jaga lingkungan kita, BERSIH, ASRI, ALAM, ajaknya. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi