Kembali Ke Index Video


HUT 73 Desa Condong Catur Sleman Lestarikan Budaya Lokal

Jumat, 27 Desember 2019 | 18:57 WIB
Dibaca: 646
HUT 73 Desa Condong Catur Sleman Lestarikan Budaya Lokal
KIRAB BREGODO KADES CONCAT SAMBUT BAIK BUDAYA YANHG DI LESTARIKAN

Sleman (Pastvnews.com) Peringatan Hari Jadi Desa Condongcatur berlangsung meriah telah dimeriahkan dengan kirab 4  bergodo yang di selenggarakan dihalaman Desa Condongcatur Depok Sleman, Kamis 26 Desember 2019.

4 bregodo yang diikutkan dalam upacara Hadeging Desa Condongcatur yaitu bregodo Hadi Nanggala, bergodo Paksi Jayeng Katon, bregodo Sastro diharjan, bregodo Kromo Yudha.

Peringatan hari jadi ke 73 Desa Condongcatur dihadiri oleh seluruh Perangkat Desa, mantan Kepala Desa Lembaga Desa, perwakilan dari masing- masing pengurus rukun wilayah dan berbagai komunitas. Selain kirab bergodo dilakukan pula kirab gunungan yang kemudian diperebutkan pada warga masyarakat Desa Condongcatur.

Dalam acara ini pula diserahkan beasiswa bagi siswa siswi SD, SMP, SMA serta pembagian sembako bagi orangtuanya.

Sebelum acara peringatan  Hari Jadi Desa Condongcatur telah diadakan berbagai macam kegiatan antara lain yaitu Macapat bareng  Ketoprak , Parade Hadroh, Festifal kuda lumping, Anjang Sana, Sinau bareng Cak Nun, pagelaran wayang kulit, Festival  Bregodo, Jemparingan, Condongcatur Expo

Kepala Desa Condongcatur Depok Sleman, Reno Candra Sangaji, S.ip mengatakan upacara bregodo nilai budaya masyarakat yang penduduknya kebanyakan pendayang yang masih merindukan acara seperti kegiatan budaya seperti ini, tentu ini membuktikan budaya di Jawa Condongcatur perlu di lestarikan, Papar Kades kepada awak media pastvnews

Dengan atraksi budaya tersebut juga untuk memperkenalkan ke pendatang juga. Pendatang juga bisa menjadi.bagian dari acara, bregodo sifatnya terbuka siapapun bisa ikut salah satunya pak David dari Amvon yang menjadi Komandan bregodo. Diapun bangga akan  tatacara dan gelar kebudayaan seperti ini merupakan potensi lokal yang musti di suport.

Keberadaan seni dan budaya yang ada di Desa Condongcatur seperti adanya toleransi sesama warga, ramah dengan budaya lokal masih dipegang erat.

Melalui event tersebut Kepala Desa, juga mengajak warga masyarakat Condongcatur mari kita terus melestarikan budaya kita jangan sampai di zaman modern kebudayaan lokal tergerus, Tentu kami tetap akan menselaraskan

Yang memegang erat budaya yang ada, Pungkas Reno Candra Sangaji, menutup perbincangan dengan awak media.  'Tun/Anjar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi