Kembali Ke Index Video


Heroe Purwadi Ingatkan Generasi Muda Jangan Buta Sejarah ‘

Minggu, 8 Oktober 2017 | 06:59 WIB
Dibaca: 1220
Heroe Purwadi Ingatkan Generasi Muda  Jangan Buta Sejarah ‘
PERINGATAN PERANG KOTA BARU MELAWAN PENJAJAH

Kota baru media pastvnews.com, kabar serbuan Kotabaru  dalam perang melawan penjajah merupakan  wujud persatuan  dan kesatuan  seluruh  elemen  dan komponen pemuda, kelaskaran dan masyarakat Yogyakarta dalam  mendukung  dan  mempertahankan  Proklamasi  Kemerdekaan  RI  17 Agustus  1945 saat  itu tekad  dan semangat  para pejuang  serbuan Kotabaru  dengan pengorbanan jiwa raga, harta dan air mata telah membuahkan  hasil yang dapat dirasakan oleh generasi penerus  sampai hari  ini.

Yogyakarta  memberikan  penghidupan  dan pengayoman  bagi warganya bahkan  menebarkan  kerinduan dan ikatan  rasa  ke  seluruh  penjuru  nusantara yang akhirnya kota Yogyakarta telah menjadi milik  semua orang. Hal  tersebut disampaikan  Wawalikota Yogyakarta Drs.Heroe Poerwadi, MSi, saat  membacakan  sambutan  tertulis  Walikota yang berhalangan   hadir.

Peringatan yang berlangsung  di Komplek  Kotabaru,  Yogyakarta  Sabtu (7/11) ditandai  dengan penyalaan obor  oleh   wawakota  yang melambangkan semangat yang tak pernah padam.

Jangan sampai  nilai-nilai  luhur  yang dicontohkan  para pejuang makin  terkikis  dan  generasi  muda  jangan buta  sejarah,”  tandas wakil walikota Yogyakarta.

Sementara itu, salah seorang tokoh pejuang pembela kemerdekaan Herman Yosef Sutikno, Kepala Monumen  Yogya Kembali, menuturkan serbuan Kotabaru inilah  yang menentukan  bahwa Indonesia Merdeka dan  diakui oleh  dunia internasional.

Tanpa pendahulu peran yang tak kalah pentingnya adalah para  pejuang, mereka  ketika berjuang tak pernah  memikirkan  saya dapat apa, namun  pejuang  telah  berjuang demi tegaknya Kemerdekaan dan  demi Merah Putih,” ungkap Herman Yosef Sutikno, saat dijumpai seusai upacara peringatan serbuan Kotabaru.

Peringatan dengan tema: “  Dengan  Peringatan Serbuan Kotabaru 7 Oktber  195 Kita  Lestarikan  Semangat  Kejuangan  45 Demi  Keutuhaan  NKRI Berdasarkan Pancasila dan Undang- undang Dasar  1945.” .  Peringatan  dengan inspektur upacara  Wawalikota dan Komandan Upacara Kapten Purwanto.

Upacara peringatan serbuan Kotabaru diikuti, Dewan Harian  Cabang  Badan Penerus Pemberdayaan  Kejuangan  45, TNI/Polri, mantan pejuang,Veteran,  Resimen Mahasiswa, FKPPI, Pramuka, Pelajar dan Pemuda Pancamarga. Anjar/Isan




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi