Kembali Ke Index Video


Gathering Ala Dinas Pariwisata Sleman Bersama PWPS Di Desa Wisata Sleman

Minggu, 19 Desember 2021 | 20:46 WIB
Dibaca: 102
Kepala Dinas Pariwisata Sleman bincang-bincang bersama PWPS di Pendopo Desa Wisata Garongan, Sabtu 18 Desember 2021.

SLEMAN-media Pastvnews.com Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan Media Gathering yaitu jalan santai bersama Persatuan Wartawan Pemerintah Kabupaten Sleman (PWPS) yang bertempat di Desa Wisata Garongan Wonokerto Turi Sleman, Sabtu 18 Desember 2021.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ir Suparmono, MM , Herbandang ( Kabid Deskraf Sleman), Ibu Nyoman ( Kabid SDM), Eka Priastana ( Sekretaris Dinas Pariwisata) Agus BN (KasiPromosi)Agus (pengelola Desa Wisata Garongan), Riyanto ( Lurah Wonokerto Turi Sleman), Rekan Media  PWPS ( Persatuan Wartawan Pemerintah Kabupaten Sleman).

Acara jalan santai dilakukan di sekitar Desa Wisata serta bincang santai bersama Kepala Dinas Pariwisata Sleman di Pendopo Garogan Turi Sleman.

Pengelola Desa Wisata Garongan Wonokerto Turi Sleman, Riyanto mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman yang pada hari ini mendadakan kegiatan di desa wisata kami.

Ini merupakan suatu kebahagiaan bagi kami bisa memberikan tempat kepada Bpk/ Ibu walaupun kondisi seperti ini, tentunya mohon dimaklum selama pandemi kami berusaha untuk tetap hidup meskipun bernafas dengan lingkup, katanya.

Agus menyampaikan sekilas perjalanan berdirinya Desa Wisata Garongan bahwa  Wisata Garongan ini sebenarnya sudah  dicanangkan sejak tahun 1998, tetapi selama rentan waktu sampai 2005 kita staknan karena belum ada pengalaman, apa sih desa wisata seperti itu sehingga kita hanya membuat Venue atau tempat yang nyaman untuk di lihat.

Namun berjalannya waktu kami terus berinovasi berkembang hingga tahun 2008 kami diberikan kesempatan untuk belajar di salah satu desa wisata dan di fasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman untuk melihat langsung desa wisata itu seperti apa, kemudian kami berinovasi meniru .

Tapi pengetahuan masyarakat mengenai desa wisata saat itu Pokdarwis belum kenal seperti sekarang fungsi dari Pokdarwis belum berjalan dengan baik, sehingga beberapa orang dari kami berkumpul Tahun 2008 merumuskan untuk membuat satu venue yang di sini bisa digunakan untuk kegiatan wisata.

Bukan hanya sekedar melihat bukan hanya menyaksikan Gunung Merapi. Karena kami tau Gunung Merapi itu dilihat dari sudut pandang mana saja seperti itu kalau di Sleman.

Ini menjadi suatu tantangan sehingga kami membuat suatu terobosan tempat untuk digunakan kegiatan outhing. Kami dulu sasarannya adalah teman pramuka yang kita panggil kita undang ke sini untuk melakukan kegiatan baik itu tracking, kemping, jelajah alam dan seterusnya.

Dari situ dapat masukan yang banyak sehingga konsep mulai terbentuk. Ternyata potensi lokasi ini ada di alamnya.

Karena ketika kita mendorong di Garongan ini sepuh- sepuh dan tidak ada regenerasi untuk mensiasati itu tentunya kami mencoba untuk mendorong kaum muda untuk kegiatan budaya tetapu juga tidak mampu.

Bahkan peralatan ketoprak, jatilan itu pernah ada ternyata saat ini sudah mengkarat/ sudah rusak. Nah di situ ternyata kaum mudanya leboh suka untuk kegiatan lebih suka jelajah alam atau tertarik di kegiatan outhing .

Kita fasilitasi kemudian buat pengembangan dari kemping kita buat tempat untuk Makrab, tracking, kita buat pemandu kita buat outbond terangnya.

Sementara itu, Riyanto Lurah Wonokerto Turi Sleman mengatakan mengenai desa wisata saya kira sudah pak Agus pengelola desa wisata tadi sudah  menerangkan sekilas dan saya juga memperkenalkan saya memang lurah yang baru 1 (satu) bulan jadi lurah di Kalurahan Wonokerto Turi Sleman

Harapan saya dengan adanya kegiatan Dinas Pariwisata Kab. Sleman bersama PWPS ini mudah- mudahan bisa membangkitkan gairah kembalibuntuk wisata- wisata yang ada di daerah Wonokerto terutama Garongan.

Mudah- mudahan setelah pandemi Covd- 19 ini teman- teman wartawan bisa memfasiitasi kami dengan informasi- informasi yang tentunya dapat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya kembali untuk desa-desa wisata yang kemarin mengalami penurunan yang cukup dratis di wilayah kami.

Kami juga mengharapkan pandemi segera bisa pulih kembali dengan adanya wisata yang seperti kemarin otomatis PADnya dari desa meningkat kembali, harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ir. Suparmono, MM mengatakan, intinya begini saya senang di Pariwisata tujuan mengadakan jalan santai dan bincang santai Kepala Dinas Pariwisata bersama  teman- media PWPS ini ingin menyampaikan terima kasih kepada teman- teman media yang 5- 6 bulan ini banyak membantu kita di pemberitaan.

Ke depan kami ingin tetap bekerjasama tetap dibantu dan sumber beritanya tidak hanya dari saya, pak Sekdin bisa , pak Bandang bisa, bu Nyoman yang mengurusi SDM dam Kelembagaan termasuk yang mengurusi pariwisata.

Ir. Suparmono, MM juga mengatakan di Pariwisata besok- besok lagi sumber beritanya enggak hanya dari saya sehingga nanti dapat kesempatan.

Jadi selama 2021 kemaren banyak kegiatan karena Sleman akan menjadi tuan rumah Porda sehingga kegiatan sektor Pariwisata disain besarnya dalam mendukung itu.

Porda akan dilaksanakan pada bulan September 2022 jadi besarnya kegiatan wisata di 2022 adalah mendukung Porda 2022, terang Ir. Suparmono, MM.

Selain jalan santai dan bincang bincang dengan Dinas Pariwisata maka juga menambah wawasan dan kekeluargaan karena acara menjadi bagian dari  ramah tamah. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi