Kembali Ke Index Video


Inspiratif Dimasa Pandemi : Seorang Pemuda Sukses Pembudidaya Ikan Lele

Rabu, 7 April 2021 | 08:27 WIB
Dibaca: 9
Inspiratif Dimasa Pandemi : Seorang Pemuda Sukses Pembudidaya Ikan Lele

KULON PROGO - Pastvnews.com, Di era pandemi seperti sekarang ini, tidak dipungkiri banyak mata pencaharian yang terganggu akibat pembatasan sosial.

Namun dibalik keterbatasan ini, ternyata ada sebuah peluang usaha tahan pandemi yang berhasil diambil oleh seorang pemuda untuk mencukupi kebutuhannya. Usaha tersebut adalah dengan beternak lele dipekarangan rumahnya.

Berawal dari rasa gelisah akan ketidakpastian karena pandemi, Nizar Ibnu seorang mahasiswa berhasil keluar dengan mulai membudidayakan ikan lele.

Ketika ditemui awak media Pastvnews 7 April 2021 di Kedondong I, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo Nizar mengatakan perhatian utama dari budidaya lele adalah air penangkaran, sebab dari sebelum sampai sesudah penceburan benih, ketersediaan air harus dalam kondisi yang sesuai dengan ekosistem lele, ujarnya.

Nizar menambahkan, dalam beternak ikan lele, selain tidak memerlukan tempat yang luas, beternak lele juga ramah pandemi karena hanya berkegiatan dirumah.

Saat ini ribuan lele yang ada dipenangkarannya ada sekitar 3000 ekor, kemudian akan dipanen tiga bulan kedepan sejak awal penaburan benih.

Dengan rasa syukur, hasil dari penjualan tersebut sudah dapat untuk mencukupi kebutuhan kuliahnya.

Selain dapat membantu orangtua, tentu solusi budidaya lele ini dapat melatih kemandirian finansial seorang pemuda sehingga terus bisa berkiprah dan bisa mengatasi dimasa sulit karena pandemi yang serba dibatasi keadaan tetapi mampu menghasilkan karya dirumah.

Setiap hasil panen untuk menjual lelenya dipatok harga eceran Rp.22.000/kg, sedangkan untuk partai besar harga dapat dinegosiasikan. terang Nizar

Berbicara marketing meski pandemi tak jadi soal karena sejauh ini untuk hasil panen lele disalurkan ke pedagang pasar selain juga dijual mandiri lewat promosi sosial media (WhatsApp). TIPS

PERAWTAN AIR

Untuk mengelola perikanan air tawar jenis lele untuk perawatan air menjadi prioritas hal ini agar lele sehat. Sementara itu untuk mengatasi air dapat dilakukan dengan garam grosok atau buah pace yang umumnya dapat ditemui dipedesaan. Katanya.

Sejauh ini untuk hasil panen lele disalurkan ke pedagang pasar dan juga dijual mandiri lewat promosi sosial media (WhatsApp)..

Di akhir wawancara, Nizar menyebutkan jika ada masyarakat yang berminat untuk menyantap lele dapat menghubungi saya, dengan harapan jika hasil panennya banyak yang keluar akan digunakannya untuk menambah kolam sebagai wujud pengembangan, pungkasnya. 'eko'




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi