Kembali Ke Index Video


Dinas Pariwisata Sleman, Akan Terbitkan Prangko ” Buk Renteng" Upaya Untuk Membranding

Selasa, 19 September 2023 | 20:43 WIB
Dibaca: 155
Dinas Pariwisata Sleman, Akan Terbitkan Prangko ” Buk Renteng" Upaya Untuk Membranding
Kegiatan FGD Komunikasi program penerbitan perangko " Buk Renteng".

SLEMAN- PAS TV NEWS.COM Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman selenggarakan FGD Komunikasi Program Penerbitan Prangko ” Buk Renteng, yang diselenggarakan di Rumah Makan Mataram Tridadi Sleman Jumat 15 September 2023.”

 

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid, SH saat diwawancarai media Pastvnews.com mengatakan, "  Jadi penerbitan perangko Buk Renteng ini adalah sebagai upaya kita untuk membranding Sleman melalui perangko.

 

" Jadi di Sleman itu kan kaya akan cagar budaya yang mempunyai nilai history tinggi, terang Ishadi.

 

Di Sleman Barat ada bangunan ikonik unik Buk Renteng dan itu adalah merupakan tehnologi pertanian pada waktu itu yang sampai dengan saat ini masih sangat berfungsi, dan itu terbukti bahwa di Sleman Barat itu menjadi lumbung pangan.

 

Lha ini kita memanivestasikan bagaimana bangunan ikonik di di Sleman Barat. Di samping itu menjadi mempunyai latar belakang terkait dengan lumbung pertanian.  Sekarang kita kemas dalam bentuk pariwisata atau peningkatan pariwisata khususnya di Sleman Barat, sehingga nanti pariwisata  itu bisa berkolaborasi dengan pertanian.

 

Sehingga pariwisata yang berkembang di Sleman Barat bisa sejalan dengan pertanian yang sebagai daerah lumbung pangan.

 

Saya rasa itu dengan perangko Buk Renteng ini semakin bisa membranding Sleman ke banyak khalayak. Orgennya, nanti akan semakin banyak yang datang untuk mengetahui sejarahnya, katanya.

 

FGD Komunikasi program penerbitan Program penerbitan perangko ini adalah dalam rangka mempersiapkan Launching prangko yang akan diterbitkan oleh PT Pos Indonesia.

 

” Ia juga mengatakan salah satunya itu merupakan usulan kita, dari Dinas Pariwisata Buk Renteng atau Canal Vanderweek tuturnya.” Kenapa memilih Buk Renteng, karena kita Vanderweek adalah bangunan peninggalan sejarah yang itu merupakan salah satu bangunan ikonik di Kabupaten Sleman.

 

” Sehingga dengan nanti diterbitkannya prangko itu bisa menjadi salah satu upaya kita, untuk membreding Sleman khususnya di Sleman Barat.” Bahwa selain Candi Prambanan dan beberapa bangunan cagar budaya yang lain.

 

" Kita punya Canal Vanderweek yang itu tidak lepas dari sejarah pertanian di Sleman Barat.” Sehingga ini mulai kita narasikan, jadi nanti ada narasinya penerbitan prangko itu berkat dengan sejarah berkat dengan budaya dan lain – lain, sehingga nanti dengan penerbitan prangko itu bisa, menjadi salah satu branding promosi pariwisata di Sleman Barat.”

 

Orang nanti akan melihat perangko, kalau hanya melihat perangko itu kemudian oh ada perangko Vanderweek Canal Vanderweek kemudian nanti akan mencari informasi – informasi lebih jauh dan kemudian dia akan datang untuk membuktikan bahwa oh ini Canal Vanderweek itu.”

 

Sehingga nanti itu menjadi salah satu upaya kita juga untuk, meningkatkan perekonomian melalui Pariwisata khususnya di Sleman Barat.” Saya rasa itu dasar kita untuk penerbitan perangko Canal Vanderweek ini, bisa juga nanti akan kita liat.”

 

Jadi nanti ada beberapa bangunan cagar budaya yang lain, mungkin kalau itu nanti memungkinkan akan kita usulkan untuk penerbitan perangko selain Vanderweek.”

 

Mungkin nanti juga bisa yang lain, misalnya Desa Wisata atau kemudian sekarang kita juga punya tebing Breksi itu nanti kita bisa upayakan ujarnya.” Sehingga ini adalah suatu awal dari kita untuk kemudian ini adalah Vanderweek kita mulai penanda Sleman,jadi Sleman itu ada ini dimana itu Vanderweek di Sleman.

” Nah kalau orang sudah ngerti bahwa itu di Sleman, maka itu kemudian mereka akan mencari informasi terkait dengan Sleman.”

Ishadi juga mengatakan ini sudah kita usulkan beberapa waktu yang lalu, dan ini sudah mendapatkan surat keputusan dari Kominfo terkait rencana penerbitan itu di bulan Desember, jelasnya. (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi