Kembali Ke Index Video


AKSBY BERTEKAD PROFESIONALKAN PELAKU SENI BUDAYA

Kamis, 1 November 2018 | 23:49 WIB
Dibaca: 909
AKSBY BERTEKAD PROFESIONALKAN PELAKU SENI BUDAYA
tarian seni

Yogyakarta - PASTVNEWS.COM MEDIA. Lintas Seni dan Budaya - Akademi Komunitas Seni dan Budaya Yogyakarta (AKSBY) dengan prodi D1 bertekad memprofesionalkan para pelaku seni dan budaya di Wilayah DI Yogyakarta.

Artinya selain mereka bisa sebagai pelaku seni dan budaya juga dilengkapi dengan ilmu akademik sehingga menjadi lebih percaya diri.

 Sebagai pelaku seni budaya setelah lulus D1 mereka juga diwisuda di ISI Yogyakarta bersama dengan para mahasiswa ISI.

Selain itu juga mengikuti pelepasan dilakukan oleh Gubernur DI Yogyakarta Hamengku Buwono (HB) X. Dalam hal ini Gubernur bisa dibilang sebagai penggagas adanya akademi ini.

Dengan diwisuda di ISI dan dilakukan pelepasan oleh Sri Sultan dan mempunyai penghargaan berupa ijazah D1 mereka menjadi lebeh diakui keberadaannya oleh pihak manapun.

Sebagai misal akan percaya diri meski bersama sama dengan para sarjana seni lainnya. Dalam pentas  atau kegiatan seni apapun juga tidak merasa rendah diri".kata Kaprodi Kerawitan AKSB, P. Suparto S.Sn MA , kepada awak media Pastvnews.com, di ISI Yogyakarta Kamis (1/11/2018).

Sejak tahun 2014 hingga saat ini AKSBY sudah 4 kali mewisuda para lulusannya. Setiap wisuda ada sekitar 80 wisudawan. Diantara para wisudawan selain bekerja sebagai pelaku seni juga ada yang sebagai pendamping desa wisata atau desa budaya.

Secaara kelembagaan AKSBY merupakan bagian dari ISI Yogyakarta. Namun lembaga ini juga dibawah Pemerintah DI Yogyakarta. Para mahasiwanya dalam kuliah adalahsecara gratis dalam artian biayanya ditanggung oleh Pemerintah DI Yogyakarta melalui Dana Keistimewaan.

Syarat untuk menjadi mahasiswa di AKSBY adalah para lulusan SMA atau yang sederajad bisa lulusan paket C. Selain iti harus ber KTP DI Yogyakarta. ‘Supadi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi