Kembali Ke Index Video


BANTUL AKAN PUNYA JATHILAN BERGAYA KHAS

Kamis, 1 November 2018 | 23:41 WIB
Dibaca: 992
BANTUL AKAN PUNYA JATHILAN BERGAYA KHAS
PRA PENTAS JATILAN BERLATIH

Bantul -  Pastvnews.com - Lintas Seni Budaya - Kabupaten Bantul D I Yogyakarta akan mempunyai kesenian jathilan yang khas .

Salah satu upaya yang dilakukan adalah kini dilakukan Presentasi Whorkshop Proses Kreaif Penciptaan Jathilan Diponegaran Sebagai Jathilan Khas Bantul. Acara ini berlangsung di Pendapa Rumah Dinas Bupati ini,  Kamis (1/11/2018).

Prosentasi Workshop dibuka oleh Bupati Bantul Drs H Suharsono. Para nara sumber Prof Kasidi Hadiprayitno (guru.besar ISI ) Yogyakarta.

Dr Sumaryono M.Hum dari Dewan Kebudayaan Bantul dan Drs Gandung Jatmiko M Hum. Semua nara sumber ini mengritisi dan memgoreksi jathilan diponegaran. agar kialitasnya lebih baik.

Bupati Bantul Drs H Suharsono usai penyaksikan pentas kesenian ini, mengatakan kathilan ini nantinya bisa dihakpatenkan dan menjadi khas Bantul sehingga merupakan khas.

Sementara Prof Kasidi mengritisi  bahwa iringan musiknya harus kompak. Pada kesempatan sama Dr Maryono mengoreksi bahwa kekompokan para penari harus ditingkatkan.

Pada kesempatan sama juga terungkap bahwa jumlah parogo (pemain), warna kostum dan penampilan pemain harus disesuaikan dengan karakter, dialog dalam adegan harus jelas dan ada makna memcerminkan jatilan Diponegaran.,’pardi’




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi