Kembali Ke Index Video


Tradisi Nyadran Kirim Doa Leluhur Upaya Mengenal Generasi

Senin, 13 Maret 2023 | 07:58 WIB
Dibaca: 429
Tradisi Nyadran Kirim Doa Leluhur Upaya Mengenal Generasi
Kirab Bregodo Nyadran Padukuhan Ngalangan Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Minggu 12 Maret 2023

Sleman - Pastvnews.com warta budaya dan nyadaran jelang hari ramadan, Warga Padukuhan Ngalangan menggelar Kirab Bregodo Alang- Alang Sela Merta. Nyadran di Makam Ngalangan, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Minggu 12 Maret 2023.

Kirab bregodo nyadran tersebut diikuti oleh 600 peserta yaitu seluruh warga masyarakat Padukuhan Ngalangan yang terdiri dari tiga RW yaitu RW Ngalangan, RW Baransari dan RW Rejosari. Seluruh peserta kirab nyadran tampak semangat dan sangat antusias sekali.

Dukuh Ngalangan, Indra Gunawan didampingi Anang Prawoto ( Pemandu acara), Danang Dewo Broto ( Pengarah Bregodo), dan Sarjiono ( membawakan Syi'ir ) saat diwawancarai media Pastvnews.com pada hari Minggu 12 Maret 2023 usai acara kirab bregodo nyadran mengatakan,

acara nyadran Padukuhan Ngalangan ini untuk mengirim do'a roh arwah leluhur di makam Ngalangan selain itu mengundang Ustadz Fatkhul Mujid untuk mengisi tausiah.

Serta nguri- uri tradisi " Mikul dhuwur mendhem jero" dan harapan kami kepada masyarakat padukuhan Ngalangan kita harus tetap nguri- uri kabudayan dan menjaga tradisi yang sudah berjalan.

Untuk menjaga menjaga kerukunan seluruh masyarakat padukuhan Ngalangan. Insya Allah agenda nyadran ini akan secara rutin menjadi agenda tahunan.

Dimana acara ini menjadi sarana untuk bisa berkumpul bersama bersilaturahmi, bisa menjadi perekat satu padukuhan serta bisa membaur bersatu dan menjadi padukuhan yang guyup rukun, harap Indra.

Dukuh Indra " Kami mengucapan terima kasih kepada seluruh warga, bapak- bapak, Ibu- ibu, muda mudi yang luar biasa sekali yang telah mensuport dan membantu serta bergotong royong bersama demi berjalannya acara nyadran di makam Ngalangan Sardonoharjo ini sehingga begitu meriah,

guyup tumpah ruah. Nyadran di makam Ngalangan ini adalah utuk bersama- sama mendo'akan ruh arwah leluhur kita. Kami senang dan bangga sekali atas antusias seluruh warga Padukuhan Ngalangan, ungkap Indra. (Mar)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi