Kembali Ke Index Video


Festival Kuda Lumping 2022 Diharapkan The Best"

Senin, 10 Januari 2022 | 21:36 WIB
Dibaca: 563
Festival Kuda Lumping 2022 Diharapkan The Best"
Penampilan peserta festival dari Jatilan Putri Madu dan Mudo Turonggo Kayen.

SLEMAN- pastvnews.com warta kesenian daerah  pentas kuda lumping kali ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Kalurahan Condongcatur ke-75, Kalurahan Condongcatur menggelar festival kuda lumping yang dilaksanakan di Lapangan Cikal Dempet, Kayen, Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman,  Minggu 9 Januari 2022.

Festival tersebut diikuti 4 paguyupan  kuda lumping atau jatilan yaitu paguyuban  Kudho Prasetyo dari Pohruboh, Roso Tunggal dari Pondok, Rampak Barong Anak dari Sanggar ATB Sleman, Jathilan Putri dan Madu Mudo Turunggo dari Kayen, tampil dalam 5 babak urutan.

Kegiatan festival kuda lumping  juga dimeriahkan dengan  wahana permainan anak “Bhina Karya Putra” meliputi istana balon, kereta, pancingan dan melukis. Juga ada aneka jajanan makanan dan minuman ekonomi masyarakat, serta dimeriahkan dengan sinden atau wiraswara oleh Kusdi Arjuna, Linda Sharita dan Tata Angelina.

Lurah Condongcatur,  Reno Candra Sangaji, SIP, dalam sambutannya mengucakan terima kasih karena akhirnya festival kuda lumping/ jatilan ini bisa kita laksanakan di Condongcatur, dan ini setiap tahun kita adakan.

Hari ini dilaksanakan di Dusun Kayen berikutnya tahun 2023 pindah di Dusun Pohroboh dan tahun berikutya di  Dusun Pondok, terang, Reno.

Reno Candra Sangaji, SIP mengatakan pemerintah Kalurahan Condongcarur betul- betul ingin melestarikan budaya seni jatilan dan insya Allah untuk dana pembinaan sudah kita sediakan.

Reno berharap mudah- mudahan nanti jatilan berjaya di tempatnya masing- masing dan semoga penikmat jatilan insya Allah di Condongcatur bebas yang penting semuanya tetap tertib dan betul- betul saling menjaga satu dengan yang lainnya. Insya Allah kegiatan ini akan  mendapatkan izin dari yang berkompeten/ dari aparat keamanan.

Monggo semua penonton dengan tertib sehingga nabti dari babak selanjutnya Paguyuban dari Pondok kemudian penampilan  babak terakhir yaitu Kayen.

Mudah- mudahan bisa menghibur saudara sekalian dan mohom dukungannya, suportnya . Mudah- mudahan di  kesenian jatilan ini kedepannya betul- betul favorit " The Best" untuk kita semua, bebernya.

Kepada seluruh warga Condongcatur  Reno mengajak keluarga, tetangga atau temannya menonton hiburan gratis dan menghibur bagi seluruh lapisan masyarakat

“Dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker,” tandas Reno Candra Sangaji, SIP. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi