Kembali Ke Index Video


SLEMAN JADI KAWASAN PERTANIAN SEHAT

Kamis, 5 Oktober 2023 | 13:57 WIB
Dibaca: 164
SLEMAN JADI KAWASAN PERTANIAN SEHAT
SLEMAN – PASTVNEWS.COM Sebagai salah satu lokasi sentra cabai nasional, Pemerintah Kabupaten Sleman mendorong terwujudnya Kawasan Pertanian Sehat. Melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, hal tersebut diwujudkan salah satunya dalam

SLEMAN – PASTVNEWS.COM  Sebagai salah satu lokasi sentra cabai nasional, Pemerintah Kabupaten Sleman mendorong terwujudnya Kawasan Pertanian Sehat. Melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, hal tersebut diwujudkan salah satunya dalam bentuk pencanangan cabai sehat ramah lingkungan.

Bupati Hj. Kustini  melakukan pencanangan secara simbolis dengan proses panen cabai dan pemotongan tumpeng, pada Rabu 4 Oktober 2023. Bersama Kelompok Tani Moro Seneng di Kalurahan Mororejo, Kapanewon Tempel.

“Harapannya dengan didampingi dari UGM, didukung dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman serta kerjasama dari masyarakat upaya ini dapat berjalan dengan sukses,” ujarnya

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menyatakan, dengan dijadikannya Kabupaten Sleman sebagai kabupaten sentra cabai, hal ini menimbulkan konsekuensi pertanaman cabai sepanjang tahun harus tersedia. Hal ini berpotensi membuat harga akan jatuh dan mengakibatkan kerugian pada petani.

Meski begitu, Pemkab Sleman telah berupaya dalam penanganan komoditas cabai, di antaranya, pengembangan luas tanam, penanganan hama dan penyakit, penerapan teknologi dalam budidaya, pengaturan pola tanam, hingga pengembangan pasar lelang cabai sebagai antisipasi kejatuhan harga cabai agar mendapatkan harga yang lebih baik.

Suparmono menambahkan, saat ini pasar masih berorientasi pada pemenuhan kebutuhan komoditas secara umum, masih jarang menyasar pada pasar yang lebih spesifik, seperti aspek kesehatan dan keamanan pangan.

Hal ini sangat potensial untuk dikembangkan karena ada pasar tersendiri yang dapat memberikan harga jual yang lebih baik tapi tidak begitu berpengaruh terhadap inflasi.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Dinas Pertanian, Pangan dan  Perikanan, berupaya mewujudkan hal tersebut melalui Pencanangan Cabai Sehat Ramah Lingkungan Kawasan Pertanian Sehat,” terang Suparmono. (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi