Kembali Ke Index Video


PEMKAB SLEMAN DUKUNG PENGEMBANGAN BUDIDAYA SEMANGKA

Jumat, 9 Juni 2023 | 06:58 WIB
Dibaca: 126
PEMKAB SLEMAN DUKUNG PENGEMBANGAN BUDIDAYA SEMANGKA
panen perdana semangka di lahan demplot sekolah lapang budidaya semangka di Padukuhan Gatak 1 Selomartani Kalasan, Selasa 6 Juni 2023.

SLEMAN - Pastvnews.com Pemkab Sleman mendukung pengembangan budidaya semangka sebagai upaya penuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi.

 

Panen perdana Sekolah Lapang Budidaya Semangka di Padukuhan Gatak I, Kalurahan Selomartani, Kapanewon Kalasan, Selasa 6 Juni 2023

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan salah satu latar belakang pengembangan komoditas semangka, karena tingginya jumlah kebutuhan konsumsi di Sleman. Ia menyebut, berdasarkan data BPS, kebutuhan konsumsi semangka masyarakat tercatat mencapai 4.000 ton/tahun.

Sementara itu, pada tahun 2022 Sleman hanya memproduksi semangka sebanyak 176 ton. Besarnya peluang pasar ini menjadi salah satu motivasi Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman untuk mendorong para petani dalam membudidayakan buah semangka.

"Maka kami dorong teman-teman petani, ayo menghasilkan semangka. Karena kebutuhan masyarakat masih banyak yang perlu dicukupi. Sedangkan pasokan semangka selama ini 95 persen masih berasal dari luar Sleman," ujarnya.

 

Suparmono menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan offtaker yang memiliki peran untuk membantu memasok hasil pertanian agar bisa dipasarkan hingga supermarket ternama. Dengan begitu, target pemasaran dapat lebih luas, dan petani pun dapat menikmati hasil tanamnya dengan lebih cepat.

 

Suparmono juga memberikan dukungan terhadap pengembangan budidaya semangka, khususnya di kawasan Sleman Timur.

Peranan sektor pertanian tak hanya memberikan andil terhadap ketahanan pangan, tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian terutama terkait dengan pendapatan petani maupun penyerapan tenaga kerja.

Lanjutnya, berdasarkan data tahun 2022 konsumsi kapita perminggu masyarakat di Kabupaten Sleman untuk komoditas semangka adalah 0, 065 kg .

Apabila jumlah penduduk Sleman 1,2 juta maka dalam 1 tahun kebutuhan semangka untuk konsumsi sekitar 4, 056 ton. Jumlah tersebut sangat tinggi padahal jumlah produksi semangka di Sleman tahun 2022 hanya 176 ton.

Peluang pasarnya sedemikian besar,  makanya kami dukung yok teman- teman petani kita tanam semangka karena kebutuhan banyak.

Setok kita sedikit sedangkan kebutuhan konsumsi  yang ada di Sleman 95 persen lebih didatangkan  dari luar wilayah, kata Suparmono saat panen perdana sekolah lapang budidaya semangka di Padukuhan Gatak 1 Selomartani Kalasan, Selasa 6 Juni 2023.

Menurutnya peluang pasar yang cukup menjanjikan itu membuat DP3 Sleman berupaya lebih mengoptimalkan pelatihan dan teknologi budidaya semangka melalui sekolah pengembangan budidaya semangka seluas 4 hektar dan seribu meter diantaranya digunakan sebagai demonstrasi plot (demplot), terangnya. (Mar)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi