Kembali Ke Index Video


KNPI Sleman Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bimbingan teknis OKP

Minggu, 26 September 2021 | 14:10 WIB
Dibaca: 708
KNPI Sleman Gelar  Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bimbingan teknis OKP
Gambar : Bupati Sleman, Dra.Hj.Kustini Sri Purnomo saat menyampaikan sambutannya dalam acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bimbingan Tehnis OKP

SLEMAN- media Pastvnews.com KNPI Sleman menggelar acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) bagi anggota KNPI Sleman di Puri Mataram, Mingggu 26 September 2021.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo. Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman Drs. Agung Armawanta, ST, Penewu Sleman dan Ketua Umum KNPI Sleman periode 2020-2023 Khusnudin

Bupati Sleman, dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan sosialisasi wawasan kebangsaan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan serta memperkokoh semangat dan rasa kebangsaan generasi muda.

Upaya tersebut perlu terus dilakukan mengingat seiring dengan perkembangan dibidang politik, sosial, ekonomi dan budaya di Indonesia wawasan kebangsaan masyarakat kita semakin memudar. Kondisi tersebut apabila tidak segera ditanggulangi akan mendorong terjadinya degradasi nasionalisme.

Lanjut Kustini, Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kesatuan tersebut bersifat kultural, mengandung satu kesatuan ideologi, politik, sosial budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan.

Menanamkan wawasan kebangsaan pada generasi milenial, tidaklah mudah. Sebab, generasi milenial hidup di tengah canggihnya teknologi, yang telah menghilangkan batas teritori, dan mengubah masyarakat secara dinamis.

Teknologi komunikasi dan informasi telah mengubah perang konvensional menjadi perang modern mengubah pola pikir dengan menggunakan teknologi, media massa, dan cyber war.

Generasi muda merupakan elemen masyarakat yang mudah terpengaruh karena mereka sedang mencari jati diri.

Dalam menanamkan wawasan kebangsaan kepada generasi milenial, harus dilakukan dengan cara yang kekinian. Sebab generasi milenial hidup di zaman yang jauh berbeda.

Penanaman wawasan kebangsaan bagi generasi milenial dapat dilakukan dengan cara-cara yang mengasyikan. Seperti membuat vlog yang pesannya tentang kepahlawanan, sejarah Indonesia, dan nilai-nilai Pancasila.

Atau  membuat tik tok dengan muatan internalisasi terhadap nilai-nilai Pancasila. Sehingga aplikasi yang ada tidak sekadar untuk main-main tetapi juga untuk edukasi.

Bupati juga berharap kepada generasi muda untuk dapat berperan aktif dalam memerangi covid-19 dengan aktif mendisiplinkan keluarga, lingkungan dan masyarakat sekitar dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengajak untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Ia  juga berharap  kepada generasi muda untuk dapat kreatif dan inovatif  menjadi kaum muda mileniel yang mampu menjadi pelaku ekonomi untuk membangkitkan kembali roda perekonomian masyarakat.

Bupati juga menawarkan agar nanti kaum muda mau menjadi petani milinial yang menjadi salah satu programnya mencetak 1000 petani milenial. “

Bertani tidak mesti hanya menanam padi dan kena lumpur yang kotor namun bisa menanam produk holtikultura dengan memanfaatkan teknologi modern yang hasilnya akan dapat mengangkat ekonomi masyarakat”, terangnya. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi