Kembali Ke Index Video


Hari Tani Nasional 2021 Aliansi Mahasiswa Pertanian Yogyakarta Gelar Aksi Damai

Sabtu, 25 September 2021 | 10:10 WIB
Dibaca: 169
Aliansi Mahasiswa Pertanian saat mekakukan Aksi Damai peringati Hari Tani Nasional, Jum'at 24 September 2021.

SLEMAN - media Pastvnews.com Aliansi Mahasiswa Pertanian Yogyakarta menggelar Aksi Damai dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2021 di simpang empat lampu merah UPN Yogyakarta, Jum'at 24 September 2021.

Fahri Muhammad selaku Kordinator Umum aksi Peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021. Melalui aliansi  mahasiswa Pertanian gabungan dari beberapa kampus di Wilayah DIY dan Jateng dari berbagai unsur bergabung dan melebur dalam aliansi mahasiswa Pertanian,  kemudian melakukan berbagai pembacaan situasi maupun persoalan- persoalan yang sudah muncul di sektor pertanian.

Kemudian dari berbagai akumulasi dan masalah itu kita diskusikan juga dengan petani lokal di Wilayah DIY. Kita sempat berdiskusi juga untuk menguatkan basis data argumentasi yang kita buat. Kemudian kita aspirasikan atau  kita suarakan kepada pemangku kebijakan. Pada tgl 24 September ini kita menyasar pada perempatan UPN Veteran Yogyakarta mulai pukul 14.00 WIB peserta aksi sudah mulai bergerak ke titik lokasi aksi.

Di lokasi aksi kita menyampaikan aspirasi- aspirasi berikut dengan orasi- orasi politik dan poster- poster menyampaikan pendapat, yang kita harapkan dari masyarakat yang melintas juga melihat dan tertarik memperhatikan dari aspirasi yang kita sampaikan.

Fahri Muhammad juga menjelaskan selain di DIY yang melaksanakan aksi serupa kita buka komunikasi yang ada di depan kementrian pertanian ada juga di Semarang, Solo, Makasar, dan Jawa Barat serta di beberapa titik aksi, terang Fahri.

Teman- teman mahasiswa ada  iniasi  menyikapi untuk memperingati Hari Tani Nasional  Tahun  2021. Selain di DIY teman- teman kita berkomunikasi di Wilayah Jakarta Selatan yang melakukan aksi serupa di depan Kementrian Pertanian.

Fahri menyampaikan poin- poin tuntutan kita dari aliansi Mahasiswa Pertanian Wilayah DIY dan Jateng beberapa kampus menkonsepkan atau  menformulasikan kurang lebih ada 3 sub permasalahan yang kita ulas yaitu : 1). Impor bahan pangan, karena kita melihat di beberapa komoditas seperti ikan, daging, beras, garam yang terbaru dari pemerintah.

Impor dalam negeri dengan cukup banyak dan itu yang kita sikapi bahwa stok pangan di dalam negeri itu sangat mencukupi dan beberapa statemen dari pejabat  dari pusat dan itu menjadi timbang nilai ekspor yang ada ternyata masih tinggi.

Saat di wawancarai awak media  kepada pemerintah kita ingin  menyampaikan bahwa reformasi restrukturisasi program- program pemeritah itu kita   yang menjadikan poin utama sehingga setiap agenda pemerintah di sektor pertanian selalu berpihak pada kepentingan masyarakat banyak.

Kita harapkan pemerintah memiliki orientasi panjang terkait program atau agenda pertanian untuk kemudian dapat memberikan kebermanfaatan seluas- luasnya bagi masyarakat,  harapnya.

Maka kami atas nama Aliansi Mahasiswa Pertanian dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional dan menjadi tangan panjang dari pada petani menuntut pemerintah dan pejabat terkait untuk :

1. Stop impor, tangkap dan adili mafia pangan, 2. Hentikan monopoli dan penguasaan lahan, 3. Wujudkan kedaulatan pangan, 4.Tingkatkan kesejahteraan petani dan nelayan. Mar

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi