Kembali Ke Index Video


Fenomena La Nina, Mengakibatkan Curah Hujan Naik hingga 40% 'Waspada"

Kamis, 17 Desember 2020 | 17:48 WIB
Dibaca: 105
Fenomena  La Nina, Mengakibatkan Curah Hujan  Naik hingga 40% 'Waspada"
TIM RELAWAN SOSIALISASI

Yogya – Pastvnews.com,  lintas sosial relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia menggelar Apel Siaga Bencana pada, Kamis 17 Desember 2020.

Kegiatan yang digelar di halaman Gedung Ar-Rohmah ini bertujuan untuk mesiagakan para relawan Kebencanaan untuk mengadapi potensi bencana pada akhir 2020 hingga 2021 mendatang.

Zainul Muttaqin pembina apel siaga mengatakan, Indonesia tengah menghadapi fenomena La Nina dan terjadi penyimpangan suhu di permukaan laut di Samudra Pasifik di bagian tengah dan timur yang lebih dingin daripada biasanya.

“Fenomena La Nina ini dapat menyebabkan sejumlah daerah berpotensi banjir besar, bahkan seperti yang sudah terjadi saat ini,” kata Zainul.

Lebih lanjut di paparkan, bahwa beberapa daerah yang sudah terlanda banjir diantaranya seperti Bengkulu, Gresik, Medan, Serang - Banten, Lhokseumawe.

Kemudian Jogja sendiri juga memiliki potensi bencana yang serupa, "meski demikian tentu bencana kita tidak pernah kita mengharapkan. Guna menghadapi bencana maka harus disiap-siagakan lanjutnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG, adanya fenomena La Nina, jelas akan mengakibatkan naiknya curah hujan hingga 40% dari normal, kondisi perkirakan akan berlangsung samapai bulan Mei 2021.

Yang perlu di waspadai fenomena La Nina tersebut dapat berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, angin kencang, puting beliung.

Persiapan para relawan di buktikan dengan kegiatan simulasi penggunaan perahu karet untuk pencarian dan evakuasi air, penggunaan Chain Saw (gergaji mesin) untuk pemotongan pohon tumbang akibat hujan deras.

Kesigaan yang lain termasuk  stanbay armada-armada kemanusiaan seperti armada Rescue, dan Ambulance untuk keperluan evakuasi serta emergency response.  Dinact/Tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi