Kembali Ke Index Video


BNN Sleman Gelar Sosialisasi IBM di Padukuhan Gandok Condongcatur

Jumat, 3 September 2021 | 19:57 WIB
Dibaca: 531
BNN Sleman Gelar Sosialisasi IBM di Padukuhan Gandok Condongcatur
Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Padukuhan Gandok,Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

SLEMAN - media Pastvnews.com BNN Kabupaten Sleman melalui Tim IBM Kalurahan Condongcatur menggelar  Sosialisasi IBM di Padukuhan Gandok Jam 20.00 WIB sd selesai  yang bertempat di Balai Padukuhan Gandok, Kalurahan Condongcatur,  Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Kamis 2 September 2021.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk melakukan pemulihan dan  keberfungsian sosial pengguna narkoba kekuatan lokal yang bertumpu pada peran keluarga dan partisipasi masyarakat yang pelaksanaanya mencakup kegiatan non layanan dan kegiatan layanan yang dilakukan secara bertahap.

BNN Kabupaten Sleman bersama Pemerintah Condongcatur  telah membentuk Tim Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) berdasarkan SK Lurah Condongcatur Nomor 20.1/Kep.Lurah/2021 tanggal 21 Maret 2021 tentang Penetapan Tim IBM Rehabiitasi Bagi Penyalaguna/Pecandu Narkoba Kalurahan Condongcatur Kapanewon Depok Kabupaten Sleman

Mengawali pelaksanaan Tim  IBM di Kalurahan Condongcatur, Tim Agen Pemulihan (AP) memulai kegiatanya dengan melakukan sosialisasi di Padukuhan Gandok sebagai bentuk pemahaman kepada Warga khususnya pemangku kepentingan yg ada di Padukuhan tersebut.

IBM merupakan bagian dari masyarakat yg akan di laksanakan bersama sama sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap permasalahan narkoba yg ada di wilayah Kalurahan Condongcatur.

Menurut Kamituwa Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam, A.Md kegiatan ini menggunakan dukungan anggaran dari Pemerintah Kalurahan yang telah dianggarkan dalam APBKal Kalurahan Condongcatur, jelas Kamitua.

Dari Sosialsasi IBM ini ada beberapa respon dari para pemangku wilayah diantaranya adalah sbb ;

1. Perlu adanya sekretariatan IBM sebagai pusat pelaporan infomasi warga

2. Warga masih resah dengan banyaknya cafe cafe dan pelaku usaha yg ada di wilayah Condongcatur karena  menjadi tempat  kerumunan pemuda dan berpotensi menimbulan terjadi kerawanan penyalahgunaan narkoba

3. Peran serta masyarakat diperlukan untuk pelaksanaan program IBM

4. Keterlibatan pihak hukum Polri (babinkamtibmas) untuk menangani permasalahan ketertiban umum yg berhubungan dengan narkoba

5. Anggaran kegiatan IBM didukung oleh pemerintah kalurahan condongcatur sesuai kebutuhan

Sedangkan Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNN Kabupaten Sleman, Menik Fardintika Zohara, S.Farm.,Apt menyampaikan bahwa Desa /Kalurahan Condongcatur yang telah dicanangkan sebagai Desa Bersinar oleh BNN RI sejak tahun 2018 dan telah dibentuk Tim AP dan Tim IBM untuk menangani permasalahan narkoba yang ada diwilayah kalurahan condongcatur dimana Tim IBM mempunyai tugas diantaranya :

1. Melakukan pemetaan terkait situasi dan kondis penyalahgunaan narkoba

2. Melakukan penjangkauan penyalhaguna narkoba serta mengindentifikasi pengunaan narkoba dan tingkat permasalahanya

3. Melakukan kegiatan intervensi yang dapat diakukan secara individu maupun kelompok sesuai dengan kebutuhan klien (komunikasi, informasi dan edukasi/KIE), pencegahan kekambuhan, Kelompok dukungan sebaya/KDS, Pertemuan keluarga/FSG, Kunjungan rumah dan pengembangan diri

4. Melakukan dukungan pemulihan mealui pemantauan dan pendampingan penyalahgunasn narkoba

5. Melakukan rujukan ke layanan kesehatan dan sosial yang dibutuhkan bagi penyalahguna narkoba

6. Melibatkan mantan penyalahguna narkoba dan masyarakat untuk memberikan dukungan kepada penyalahguna narkoba

Kepala BNN Kabupaten Sleman, AKBP Siti Alfiah, S.Psi, SH menyampaikan sesuai arahan dari Kepala BNNP DIY bahwa di tahun 2021 ini akan melakukan pembentukan 8 Desa/Kalurahan Bersinar yang akan dikuatkan dengan SK Bupati Sleman.

Agar Anggaran Pemerintah Kalurahan dapat dialokasikan untuk program Desa/Kalurahan Bersinar (Bersih Narkoba), Adapun Desa /Kalurahan tersebut adalah Purwomartani, Sumberejo, Tamanmartani, Wedomartani Margomulyo, Tlogoadi, Banyuraden, terang Siti Alfiah. Mar




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi