Kembali Ke Index Video


Tips mengelola wisata agar jadi income pemerintah kalurahan perlu aturan jelas

Selasa, 13 September 2022 | 12:51 WIB
Dibaca: 97
RAKOR PEMERINTAH KALURAHAN BERKIAT PENGELOLAAN DESTINASI

Gunungkidul -pastvnews.com update kabar seputar pengelolaan wisata kalurahan Patuk memiliki potensi yang sudah banyak di knalbaik alam, panoram alamnya, hobe restaruran dan sejumlag spot lainnya, untuk memaksimalkan kegiatan destinasi.

 

Maka pemerintah kalurahan yang di nahkodai bapak Lurah Catur Bowo Senin 12 September 2022 mengadakan rakor terkait potensinya agar pemerintah kalurahan bisa mendapat sumbangan dari pengelolaan Wisata maka juga menghadirkan narasumber dan juga pemerhati wisata termasuk juga pelaku media massa yakni PT.Media Sekawan Cemerlang yang telah berpengalaman dalam pengorbitan wisat baik regulasi, promo dan UMKMnya.

 

Dari hasil lapangan didapati pada umumnya pengelolaan  wisata masih belum begitu kuat  bahkan terkadang malah ada bisa macet atau tidak bisa berkembang karena banyak faktor bahwa disetiap pemerintah Desa para pengelola hanya memiliki  SK  untuk pokdarwis  dari pemkal setempat, padalah di butuhkan payung hebat dan kuat agar bisa bernaung lebih semangat.

 

Dalam perkembangan pengelolaan destinasi meski ini hanya penguatnya SK bisa berjalan walaupun terseok sebab tak ada landasan pasti dalam setiap pengelolaan sehingga berujung ada yang macet.

Tak bisa di pungkiri Sk merupakan pondasi pertama untuk menjalankan kegiatan wisata desa, namun setelahnya jika mau hebat kuat dan  bisa menjadi andalan atau tambahan APBKal maka perlu regulasi yang jjelas mengatur segala hal berkait program wisatanya.

 

Menurut  Lurah Patuk Catur  Bowo  ketika mengadakan pertemuan mengkait pengelolaan wisata  di Kalurahan Patuk Senin 12 September 2022 di Balai Kalurahan setempat mengatakan memang Setiap Pemkal butuh kenyamanan dalam mengelola dan mendanai  destinasi sehingga diperlukan perraturan yang baku.

dengan regulasi desa yang jelas maka bisa berkelanjutan dan pastinya  bisa aman, atas keterbatasan ini tentu membutihkan mitra untuk sinergi sehingga kami menggadeng pihak lain dan perusahaan  swasta PT. Msc untuk bisa memberikan suportnya, kata Catur.

 

Sementara itu narasumber dalam pertemuan tersebut menghadirkan Direktur PT.MSC Bapak Rofied  yang mengupas pentingnya setiap pemerintah kalurahan dapat melakukan  kegiatan kepariwisataan harusnya bisa mensejaherakan rakyatnya melalui Umkm dan wisata dengan aturan khusus.

 

Di tambahkan tentu untuk bisa berlanjut menuju pengelolaan Istimewa maka ada tips aman dan profesional  tersebut ya harus ada upaya serta mengerjakan jurus jurus jitu yakni pokok adalah dengan membuat perkal yang berkait dengan hal tersebut. 

Dalam penyampainnya juga di beberkan sudah banyak desa yang pengin maju tetapi kadang terkendala  dengan SDM  dan anggaran yang tidak bisa menerobos karena tak ada aturan baku dari desa, oleh sebab itu  pihak kami memberikan tips dari pada mencari  kesalahan Desa maka lebih baik kami dari PT.Media Sekawan Cemerlang memberikan solusi dan share informasi tehnik yang benar.

Dengan demikian kedepan bisa berkiprah dengan baik seperti membuat pusat destinasi di tanah yang bukan milik warga atau nantinya di sebut wisata induk atau inti, dengan memaksimalkan tanah sepeerti khas desa dan SG dengan perizinan khusus dalam penggunaan tanah tersebut.

Selanjutnya ada wisata pendukung atau wisata penyangga di setiap padukuhan sebagai penyangga wisata desa dalam arti yang lain untuk pemerataan  ekonomi ‘paparnya.

Sejumlah desa seperti yang  ada di Bantul dan Gunungkidul dan kini sedang menunggu giliran melakukan hal serupa sudah terprogram dengan mendorong terbitnya regulasi tata pengelolaan yang jjelas dan bisa lebih baik, jelas kami hanya mendorong dan  memberikan kunci  tips dan peluang jika profesional maka akan sangat positif alhamdulilah sudah di respon dengan baik, katanya.

Sebagai gambaran perusahaan ini bergerak dibidang media, pariwisata, IT serta bidang bidang lainnya yang setrategis untuk mendukung progaram pemerintah dan pengembangan perusahaan dengan menjjadi mitra yang baik ‘kata dia yang juga pemimpin redaksi di sejumlah media pas group tersebut. ai/yu




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi