Kembali Ke Index Video


Peduli dan melestarikan lingkungan alam kali opak tebari ikan

Jumat, 27 September 2019 | 06:58 WIB
Dibaca: 48
Peduli dan melestarikan lingkungan alam kali opak tebari ikan
PEMBUKAAN FESTIVAL KALI GAWE

Media online Pastvnews.com, warta Seni dan Budaya - Festival Kali Gawe Pasar Kebon Empring Srimulyo Piyungan Kabupaten Bantul DIY yang dibuka oleh Bapati Bantul Drs H . Suharsono pada Kamis (26/9), diisi dengan berbagai kegiatan dan bermakna untuk menggeliatkan sektor parwisata sekaligus melestarikan lingkungan utamanya sungai.

Dalam pantauan awak media Pastvnews, pembukaan festival sekaligus juga deklarasi bersama dalam melestarikan dan menjaga Sungai Opak oleh berbagai komunitas dipimpin oleh Bupati Suharsono.

Selanjutnya ada aksi menebar bibit ikan di Sungai Opak, pentas seni tarian tradisional dan dipamerkan berbgai produk kerajinan dan kuliner asal daerah setempat. Selain itu juga kirab brogodo prajurit.

Dari berbagai kerajinan yang dipamerkan dan dijual belikan diantaranya perabot rumah rangga dari bambu dan tempurung, diantaranya berupa mainan tradisional anak maupun peralatan rumah tangga antara lain gelas dan cangkir.

Dalam festival yang  berlangsung empat hari sejak Kamis (26/9) ini , kuliner yang ditampilkan diantaranya ss)ate kere (lemak), rujak kangkung, kopi bumbung, es wuwut, jenang kendil, soto gimbal dan sego welut.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sambutannya yang dibacakan secara tek oleh utusannya disampaikan, bahwa sungai identik dengan alam yang harus disayangi seperti diri sendiri.

Pada jaman Majahit bahwa sungsi memeiliki peran penting di bidang transportasi, pusat perekonomian dan kemiliteran. Maka apabila sekarang bisa dilestrarika dan difungsikan kembali kegunaannya, maka diyakini bisa memberikan manfaat kepada banyak orang", kata Sri Sultan HB X.

Sementara itu Ketua Festival Kali  Gawe , Hidayat Faisal F, dalam laporannya mengatakan  para wisatawan akan lebih tertarik berkunjung dan tinggal di obyek wisata  apabila semua  potensi digarap dan pelayanan dilakukan secara prosional.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi