Kembali Ke Index Video


Nyadran Warga Kedung Dayak Jatimulyo Dlingo 2023 Dzikir Bareng Mendoakan Leluhur

Kamis, 16 Maret 2023 | 23:46 WIB
Dibaca: 289
Nyadran Warga Kedung Dayak Jatimulyo Dlingo 2023 Dzikir Bareng Mendoakan Leluhur
ZIARAH DAN DAN TAHLIL WARGA KEDUNG DAYAK 16 MARET 2023

Dlingo-Media pastvnews.com lintas budaya kamis legi 16 Maret 2023 merupakan mement baik bagi warga kedungdayak Jatimulyo Dlingo Bantul, hal ini terpancar dari raut wajah  ratusan warga yang sedang mengikuti tahlil dan dzikir menjelang ramadan 1444 H/2023

Sementara itu tokoh masyarakat Kedungdayka Ardiana dan kakaknya ketika memberikan  stament  kepada awak media pastvnews.com, menjelaskan, ziarah bahwa sasi Ruwah adalah nama bulan dalam perhitungan masyarakat Jawa untuk bulan Sya'ban dalam kalender hijriyah, dengan demikian warga  melakukan kegiatan kirim doa untuk para leluhur.

Lebih lanjut di ungkapkan, tentu sudah barang pasti masyarakat Jawa  memiliki makna yang syarat akan Filosofi pembelajaran dalam setiap nama.

Tradisi masyarakat Jawa memaknai sebagai bulan Ruwah sebagai momentum untuk mendoakan para arwah leluhur yang sudah mendahului bertemu dengan sang Khalik .

Masyarakat Kedung Dayak merupakan sebagian kecil dari bagian orang Jawa melestarikan doa untuk arwah leluhur. Rangkaian acara yang di mulai sejak tanggal 1 Ruwah sampai malam Jumat pekan terakhir bulan Ruwah .

rangkaian itu antara lain Tahilan secara bergilir di rumah warga setiap malam yang di Khususkan untuk ahli leluhur Tuan rumah. 

Kemudian pada Puncaknya di gelar acara Ruwahan Ageng Nyekar Akbar . Kegiatan di isi dengan Pembacaan Alquran 30 juz oleh para ahli waris di lingkungan Makam,  di lanjutkan tahlil ,dan di akhiri dengan nyekar bersama .

Titik utama yang menjadi central kegiatan ialah pasarean cikal bakal Kedung Dayak .

tidak berhenti sampai dinsitu,malam harinnya di adakan pengajian sebagai siraman rohani untuk warga masyarakat.

Seluruh warga masyarakat Kedung Dayak antusias hadir di area pemakaman dana suasana semakin sakral dan khitmad karena hujan turun .

Harapan dari rutinitas ini adalah masyarakat semakin saling menghormati menghargai dan menjadi pengingat untuk kehidupan kedua.

Agenda ini diprakasai dari  pemuda atau karangtaruna dan ini mendapat sambutan yang baik terbukti terlaksana 'Pungkas Ardi “tim red/Fai

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi