Kembali Ke Index Video


Prosesi akhir Ruwatan Putat 10 orang di sirami air bersih oleh KI dalang

Sabtu, 13 November 2021 | 07:40 WIB
Dibaca: 379
RUWATAN BUMI PUTAT 11 NOVEMBER 2021 DI JOGLO BATOER

Gunungkidul- media pastvnews.com, upacara adat  ruwat murwakala bumi putat dan wayangan yang dihelat di Joglo Batur Putat Kamis Legi 11 November 2021 meriah.

Acara ini sekaligus sebagai hiburan dan  ajang untuk melestarikan budaya adiluhung sebagai tuntuan untuk membersihkan sengkala

CB Supriyanto dewan budaya Gunungkidul hadir memenuhi undangan panitia, dalam pidatonya CB   mengatakan Putat sudah mandiri budaya dan akan mendapat fasilitas  dari Pemerintah DIY dengan anggaran kisaran 1 milyar setahun paparnya.

Sedang Kemiran ketua budaya  setempat mengaku bangga bisa  menampilkan adat yang unik dan menghibur  sebab selama ini tidak di tampilkan Ini baru perdna Papar kemirn. Tentu ini ada hal yang baik untuk generasi paparnya.

Lurah desa putat Kardi pun menyambut baik sehingga  kegiatan ini sebagai lakon untuk mencitrakan Putat sebagai desa budaya yang melestarikan warisan leluhur' paparnya.

 Dalam event ini sekaligus pentas wayang kulit kusus ruwat dengan dalang Ki Cermo asal Ngleri juga meruwat 10 orang dari warga Putat dan 2 warga di luarPutat dengan memberikan doa dan di akhir acara di sirami arbersih. tim red




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi