Kembali Ke Index Video


Mantan Bupati Bantul Idam Samawi Dorong Seni dan Budaya Dilestarikan

Minggu, 9 Desember 2018 | 19:18 WIB
Dibaca: 775
Mantan Bupati Bantul Idam Samawi Dorong Seni dan Budaya Dilestarikan
IDAM SAKSIKAN PENTAS SENI BUDAYA JATILAN

Bantul - Pastvnews.com media online lintas daerah - Anggota DPR RI Drs H Idham Samawi menginginkan agar Dusun Bendo Imogiri Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dijadikan sebagai desa wisata, mantan Bupati Bantul ini menyarankan adat budaya seperti bersih dusun bisa di gelar setiap tahun.

Ini semua tujuannya agar seni budaya yang ada bisa dilestarikan dan masyarakatnya bisa makmur. Menurut memang saya bersih dusun bisa diartikan sebagai salah satu wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu dengan tampilnya kebudayaan lokal maka juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan seni budaya adiluhung yang ada", papar Idham Samawi saat menghadiri bersih dusun di Bendo Bantul, Minggu (9/12).

Peletarian budaya seperti halnya adanya bersih dusun tersebut memang memerlukan biaya yang tidak sedikit sementara dalam setiap kegiatan budaya masyarakat sudah berkorban mengumpulkan biaya.

Dengan demikian kedepan perlu  adanya kepedulian pihak lain diantaranya  pemerintah. Apabila perlu dan harus memberi adalah para kalangan dewan.

Untuk itu para wakil rakyat harus menyumbang untuk biaya bersih dusun seperti ini. Bila.perlu saya sendiri menyumbang," katanya.

Untuk menjadikan Bendo sebagai desa wisata air tersebut memang diperlukan adanya pembangunan semisal sarana dan prasarana diantaranya bendung dan pengerukan Sungai Opak di dusun ini. Oleh sebab itu saya akan menganggarkan bantuan Rp.200 juta.

Selain  juga alan memfasilitasi  pengerukan sungai tersebut tentu kita perlu bantuan Balai Pengairan DI Yogyakarta  ", tambah Idham.

Pernyataan senada juga dilontarkan oleh Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo ST setuju seni budaya tetap di lestarikan.

Tentang agenda bersih Dusun Bendo ini sendiri diantaranya gelar pengajian dan mujahadahan pada Sabtu (8/12) dan pada hari ini Minggu (9/12) pentas jatilan di dusun setempat.’Supardi




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi