Kembali Ke Index Video


Berburu Jangkrik Jumbo di Gunungkidul Ini Khas Suaranya

Sabtu, 4 Juni 2022 | 10:07 WIB
Dibaca: 154
gangsir ngenthir atau bunyi di malam hari

Gunungkidul- media pastvnews.com, lintas hobii, gangsir merupakan gewan sebesar ibu jari dan lebih gede atau jumbo dari jangkrik yang pada umumnya untuk pakan burung. Suara yang di timbulkannya ini  dari bulu yang di gerakan dengan kesepatan tinggi hingga berbunyi thiiiirrr.

Gangsir berbunyi saat malam hari tepatnya setelah petang hingga  sekitar jam 23 malam dan  berbunyi di luar lubangnya . Gangsir terebut sembunyi dalam lubang tanah kemudian makanannya rumput pilihan.

Ketika sudah tidak bunyi atau ngenthir  maka gangsir kembali masuk lubang yang di buatnya. Gangsir  jika dimasak kemudian dimakan manusia terasa enak dan renyah.

Makanya saat musim penghujan atau menjelang kemarau gangsir pada muncul secara alami dan di buru untuk lauk pauk oleh warga sekitar.

Keberadaan gangsir sangat menarik karena bisa untuk lauk pauk manusia, pakan burung dan menjadi bagian hiburan seni suara alam yang perlu di lestarikan. Keterbatasan jangkrik di alam maka ada baiknya peluang usaha untuk mengembangakan gangsir tentu akan menjadi trend yang menarik  memberdayakan potensi lokal

Hewan gangsir habitatnya di pekarangan  rumah dan tegalan di Kabupaten Gunungkidul, seperti di kapanewon patuk, gedangsari dan sejumlah tempat lainnya, dari gunungkidul tim pastvnews mewartakan seputar hobi.  Ed/ym

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi