Kembali Ke Index Video


Mesin Politik Pilkada Kulonprogo Pasca Pemilu 2024 Mulai Hangat Sejumlah Nama Mengorbit

Kamis, 14 Maret 2024 | 20:48 WIB
Dibaca: 59
 Mesin Politik Pilkada Kulonprogo Pasca Pemilu 2024 Mulai Hangat Sejumlah Nama Mengorbit
Gendut Minarto pengamat politik Kulonprogo

Kulonprogo – media Pastvnews.com, tahun politik 2024 telah dilalui namun seiring dengan masih dalam suasana  politik maka mesin politik untuk menghadapi Pilkada Kulonprogo menjadi menarik untuk dikulik.

Setidaknya dalam suasana pemanasan,  muncul ketidak pastian kabar tentang dimajukan atau tidaknya pilkada serentak digelar dalam ini karena pilkada menjadi akses informasi yang terus digali karena pilkada itu ternyata di tataran kabupaten ada dinamika politik lokal Kabupaten Kuloprogo.

Sejumlah nama balon bupati dan wakil bupati berseliweran menghiasi setiap percakapan hingga cukup santer terdengar ditengah masyarakat Kulonprogo.

Sementara itu sejumlah nama seperti Sekda Astungkoro, mantan Wabup Fajar Gegana, mantan bupati Drs. Sutejo, anggota DPRD DIY Ika Damayanti, Tokoh Trah Sodewo Dr. Fidelis Diponegoro, mantan ketua Bappeda Langgeng Raharjo, dan Ketua DPC Gerindra Marijo mewarnai rasanan publik yang kian menghangatkan pra pilkada

Setidaknya nama-nama tersebut sepertinya memang layak diperhitungkan dipilkada pada oktober 2024 ", Demikian di paparkan oleh mas Gendut Minarto pengamat politik Kulonprogo yang namanya tak asing dalam masyarakat  wates.

Kepada awak media pastvnews.com, Gendut menjelaskan, bahwa kehadiran para balon tersebut  jelas masih akan berubah atau ada perubahan seiring dinamika politik yang sedang berproses dalam pilkada.

Tentunya  harapan masyarakat siapapun yang maju sangat diharapkan bisa membawa kulonprogo untuk lebih baik dan bisa mencerdaskan warga dan mengangkat perekonomian.

Selain bisa melahirkan pemimpin yang mampu menciptakan gebrakan-gebrakan untuk kemajuan daerah. Tandas Minarto saat santai dengan  awak media ini kamis 14 Maret 2024 di wates.

Kian dekatnya pilkada pasca pemilu nasional maka Gendut Minarto juga mengamati bahwa Menurutnya ada 3 kriteria kepemimpinan Kulonprogo ke depan yakni :

KRITERIA KEPEMIMPINAN KULONPROGO YANG DI BUTUHKAN

Pertama Kuat yaitu memiliki Kompetensi kepemimpinan, Kemandirian Politik, Kokoh dalam Pembelaan Masyarakat Miskin Telah Purna dengan Dirinya Sendiri Memiliki Visi dan Misi Membawa Kulonprogo kepada Arah Pembangunan Berkelanjutan

Kedua berwibawa artinya  sebagai Putra -putri terbaik Kulonprogo  yang memiliki Jiwa dan Semangat Muda dalam Panutan dan Rule Mode menginspirasi seluruh masyarakat majemuk dan berbudaya, sehingga mampu mengimpliementasikan  keragaman dan Integritas serta Sinergitas Baik Kelembagaan dan Seluruh komponen Masyarakat.

Ketiga berani artinya pemimpin yang akan datang harus bisa membawa kepentingan kepada masyarakat untuk Perubahan dan tananan yang maju untuk menuju dan andil dalam Indonesia Maju dan Berbudaya sebagai lompatan atas Ketertinggalan,

Sebab Kulonprogo sebagai Etalase Yogyakarta yang butuh sentuhan pemimpin Berilmu dan Berbudaya.

 

HASIL PEMILU 2024

Mengacu pada hasil pemilu legislatif DPRD Kulonprogo saat ini hanya PDI Perjuangan yang memungkinkan untuk mengusung cabup-cawabup sendiri tanpa koalisi. Meski demikian peta hasil pemilu Presiden menunjukkan potensi koalisi yang linier untuk pilkada sangat terbuka sehingga dimungkinkan muncul 3 paslon pada pilkada 2024 ini.

Hasil pantauan pilpres 2024 diperkirakan perolehan suara Prabowo-Gibran sebanyak 51% di Kulonprogo. Kemudian Peringkat kedua diraih Ganjar-Mahfud dengan 30.1%. Adapun Anies-Muhaimin memperoleh 18.9%.

Menilik fakta hasil pilpres tersebut apakah memungkinkan pendukung pilpres juga mendukung pilkada ? Tentu koalisi pantai Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat juga akan perhelatan untuk memenangkan pilkada Kulonprogo  

Lantas siapakah calon bupati yang akan diusung oleh kualisi tersebut ? sementara itu sejumlah nama dan tokoh yang digadang maju dan berlatar belakang partai tersebut terus mencuri perhatian dinamisasi mesin pilkada 2024.

TOKOH KEMUNGKINAN BERMUNCULAN

Sedang nama yang kini juga santer antara lain Ika Damayanti, Dr Fidelis Diponegoro, BRAy Iriani Pramastuti dan Marijo dari Gerindra. Kemudian partai Golkar  yang juga memiliki tokoh seperti Lilik Syaiful Ahmad dan Suharto bisa saja melenggang dalam pilkada.

Sedang dari PAN memiliki Ardi widanto H Priyo Santoso SH MH dan Drs Sutejo merupakan pesohor yang  bisa menghangatkan pilkada Kulonprogo 2024.  Di kupas oleh mas Gendut Minarto berkait potensi dan dinamika pilkada 2024. (Tim editing Bud Ls/Fid)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi