Kembali Ke Index Video


Untuk Kembalikan Kejayaan Kopi Merapi Kembali Di Kulik Dengan Keuangan Khusus

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:20 WIB
Dibaca: 202
Untuk Kembalikan Kejayaan Kopi Merapi Kembali Di Kulik Dengan Keuangan Khusus
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, SE menanam bibit pohon kopi bersama para petani kopi di lereng Merapi.

Sleman - Pastvnews.com warta prtanian, koordinasi bersama dengan BPKA DIY berkaitan dengan Pencairan Percepatan Bantuan Keuangan Khusus Kunjungn Gubernur DIY untuk intensifikasi tanaman kopi dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, SE Kepuharjo Cangkringan Sleman, Rabu 1 Februari 2023.

Acara tersebut dimaksudkan sebagai langkah pendampingan pengembangan kopi Robusta di lereng Merapi yang juga dihadiri oleh Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan DIY Ir. Bambang Budiadi, Bendahara Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah DIY, Bapak Sunarja, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Liem Astuti.

Panewu Cangkringan, Lurah se Kapanewon Cangkringan, serta perwakilan dari Kalurahan calon penerima Bantuan Keuangan Khusus hasil Dari kunjungan Gubernur DIY.

Sunarja menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai sosialisasi kepada Kalurahan penerima BKK Kunjungan Gubernur DIY Kemudian disampaikan ada 8 kalurahan calon penerima Bantuan Keuangan Khusus untuk pengembangan kopi Robusta di lereng Merapi.

"Para penerima ini merupakan hasil dari kunjungan Pak Gubernur, di Turi ada Wonokerto dan Girikerto, Pakem ada Purwobinangun dan Hargobinangun, sementara Cangkringan Kalurahan Glagaharjo, Umbulharjo, Kepuharjo, dan Wukirsari" Kata Sunarja

Sementara itu Danang Maharsa, SE menyampaikan bahwa kopi merapi terus mengalami perkembangan positif, baik hasil pertanian kopi termasuk proses pengolahan hingga pemasarannya. Danang juga menyebut bahwa kopi merapi berjaya sebelum erupsi Merapi 2010.

Kopi merapi pernah berjaya sebelum erupsi merapi 2010, kita tempuh jalan maupun upaya untuk kembalikan kejayaan kopi merapi di Lereng Merapi ini" tegas Danang.

Danang juga menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas dukungan dari Kementrian maupun Pemerintah DIY bagi para petani kopi di lereng Merapi. Terlebih Danang menyebut komunikasi akan terus ia lakukan untuk mengembalikan kejayaan kopi merapi, terangnya.

"Alhamdulillah, komunikasi yang kami bangun di kementrian membuahkan hasil, kemarin kita dapat bibit dan pupuk untuk 50 hektar lahan kopi dan telah diberikan kepada para petani, kali ini berkat kunjungan Bapak Gubernur DIY Sri Sultan HB X kita kembali disupport untuk pengembangan kopi di lereng merapi sebesar 2,4 milyar" ujar Danang. (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi