Kembali Ke Index Video


Seleksi Balon Lurah Semoyo Patuk Gunungkidul Geger Berbuntut Panjang Potensi Pilur Semoyo Bisa Tersendat 4 Avokad Peradi Damping Drs.Ashadi Balon Lurah Sesuai Landasan Hukum

Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:20 WIB
Dibaca: 873
ASHADI MENYAMPAIKAN KEPADA PUBLIK DAN AWAK MEDIA

Gunungkidul- media pastvnews.com pemilihan lurah se Kabupaten Gunungkidul 30 0ktober 2021 akan  berlangsung secara serentak dan hingga di unggahnya berita ini masih dalam tahap proses dan belum pengumuman penetapan calon lurah yang akan berlaga.

Kapanewon Patuk tahun ini 2021 ada 6 kalurahan yang akan melakukan pilur serentak yakni kalurahan Putat, Beji , Salam, Semoyo,, Pengkok dan Nglanggeran.

Sementara itu panitia Pilur  Semoyo dalam melakukan penjaringan  bacalon lurah di kalurahan Semoyo Patuk Gunungkidul  Oktober 2021 atas kejadia ini mendapat sorotan tajam dari masyarakat setempat dan publik dan sangat mungkin berujung di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) karena proses seleksi dan  atministrasi mendapat protes keras dari salah satu balon yang di anggap tidak memberikan dokumen akta kelahiran bagi calon.

Drs Ashadi asal Wonosari 1 dari lima balon yang maju  di nyatakan tidak lolos dari penjaringan atministrasi persyaratan oleh panitia pemilihan lurah misalkan mengaku di dholimi karena semua syarat diberikan namun malah di surati tidak lolos.

Balon lurah Ashadi saat dikonfirmasi  para wartawan  kamis 7 oktober 2021 di rumahnya  Padukuhan Wonosari RT 04 Kalurahan Semoyo menguraikan.

Pokok peroalan  saat mendaftar 1 berkas memakai surat kenal lahir yang di miliki dan ini berlaku saat dia menjadi guru dan kepal sekolah. Namun tiba tiba kata Ashadisurat kenal lahir tidak berlaku,  karena dalam tatatertip dan peraturan yang ada tertulis akta kelahiran,, maka atas kondisi ini panitia menyarankan untuk  ganti akta kelahiran.

Ashadi pun berupaya mondar mandir  mencari persyaratan akta kelahiran yang pada akhirnya  memperoleh dari Dukcapil Gunungkidul kemudian diserahkan ke panitia tanggal 1 oktober 2021 tiga hari sebelum deatline . Namun hingga hari Jumat 8 Oktober 2021 belum di loloskan sebagai balon Lurah.

KEJJADIAN

Tahapan dalam proses atministrasi Drs. Ashadi  4 oktober mendapat surat  tidak lolos namun saat surat diteliti isi surat harinya salah karena tertulis hari jumat.

Protes tidak lolos Ashadi selanjutnya meminta  berita acara penjelasan lagi karena surat yang telah diminta sesuai persyaratannnya dan peraturan terpenuhi namun tetap tak di loloskan.

5 oktober mendapat  surat pemberitahuan yang mengubah yang salah harinya. Atas plin plan atau selalu berubah ubah Ashadi mengtakan ini cacat  hukum.  

Ashadi pun langsung gerak melalui kuasa hukumnya dari DPC  Peradi Gunungkidul Albertus Ismoko TH.SH M.Hum,  Andri wibowo SH Rolly Wijaya Kusuma SH dan Teguh SH MH tanggal 6 Oktober 2021 melayangkan surat keberatan kepada ketua panitia bahwa kliennya memenuhi persyaratan sesuai peraturan UU yang berlaku.  

Sementara itu Gugatan yang di awali dengan somasi oleh Penasehat Hukum Drs. Ashadi dengan menerjunkan 4 advokad senior dari Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi)  Gunungkidul dalam suratnya tanggal 6 oktober 2021 dengan nomor  105 /SPP-BALONLURAH/DPC-WNO/IX/2021 dijelaskan, berdasarkan berita acara hasil penelitian kelengkapan  dan ke absyahan administrasi bakal calon lurah Semoyo dan surat pemberitahuan  tidak lolos seleksi karena syarat akta kelahiran yang tidak terpenuhi maka Tim advokad kebebaratan atas hasil tersebut.

Di uraikan bahwa berdasarkan atas landasan hukum Pasal 18 ayat 6 UU RI  tahun 1945,  Undang -undang RI nomor 15 tahun 1950, undang undang tahun  nomor 13 tahun 2012, Undang undang RI nomor 6 tahun 2014 Undang undang RI nomor 23  tahun 2014.

Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 1950 dan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014  dan Perda Gunungkidul nomor 07 tahun 2020 tentang  pemilihan Lurah .

Tim advokad menyatakan Drs.Ashadi memenuhi persyarakat sesuai landasan Hukum tersebut dengan demikian, menegaskan meminta kepada panitia  pemilihan lurah 2021  kapanewon Patuk Gunungkidul untuk segera mengoreksiatas berita acara tersebut karena kliennya memenuhi syarat sesuai ketentuan bakal calon Lurah semoyo  sesuai perundangan undangan yang berlaku di Republik Indonesia

Kemudian tanggal 7 Oktober  2021 penasehat hukum Balon lurah Ashadi mendapat  balasan  Dari Wiji Wohadi ketua panitia yang memberikan  surat bahwa surat somasi ke panitia akan dipelajari dan selanjutnya diberikan jawaban pada saatnya nanti

Dari kasus ini proses penjaringan proses atministrasi pliur Semoyo Patuk jelas kemungkinan besar akan berujung diranah gugatan Hukum dan PTUN sehingga pilur  tersendat. Tim redaksi.




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi