Kembali Ke Index Video


Peringati HDI 2022 ‘Danang Mahasa SE Wabup Sleman Disabilitas Itu Juga Punya Prestasi Loh

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:35 WIB
Dibaca: 266
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, SE bersama disabilitas.

Sleman - Pastvnews.com Perkumpulan Penyandang Disabilitas Internasional (PPDI) bersama Pemerintah Kabupaten Sleman memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Kabupaten Sleman diselenggarakan di Gedung Serbaguna, Sleman pada hari Rabu 7 Desember 2022.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, SE Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sleman bersama Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Dinas Sosial Sleman. 

Ketua Panitia HDI Sleman, Erisna mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut merupakan bagian rasa syukur sekaligus eksistensi penyandang disabilitas khususnya di wilayah Sleman. 

Eksistensi tersebut diwujudkan dalam berbagai rangkaian peringatan HDI tahun 2022, salah satunya penyelenggaraan Bazar UMKM yang diikuti oleh penyandang disabilitas dari 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman. 

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan HDI tahun 2022 di Kabupaten Sleman yang dilaksanakan oleh PPDI dan Dinas Sosial Sleman. 

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan ini dapat dimaknai sebagai sebuah bentuk pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas dan peneguhan komitmen seluruh warga masyarakat untuk membangun kepedulian terhadap penyandang disabilitas.

"Melalui kegiatan ini (peringatan HDI), mungkin sebagian dari kita baru mengetahui bahwa teman - teman disabilitas memiliki potensi dan kreativitas yang luar biasa.

Maka dari itu saya mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian, mendampingi dan memberikan hak yang sama bagi penyandang disabilitas," ujar Danang. 

Danang menyebut, semua manusia tanpa terkecuali, memiliki hak yang sama yaitu hak hidup, hak mendapatkan kehidupan layak, hak beraktivitas, dan hak mendapatkan perlakuan yang sama antar sesama manusia.

Berdasarkan hal tersebut, Danang juga mendorong penyandang disabilitas untuk terus bergerak ikut andil dalam pembangunan dan menciptakan perekonomian yang lebih baik khususnya di Sleman.

Pada kesempatan tersebut Danang juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitemen untuk meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut diwujudkan dengan membangun infrastruktur yang accessible untuk menciptakan lingkungan nyaman dan ramah bagi penyandang disabilitas, dan kebijakan pembangunan juga akan berpihak kepada penyandang disabilitas.

Mengakhiri kegiatan tersebut, Danang Maharsa berkesempatan menyerahkan secara langsung penghargaan bagi kejuaraan lomba melukis yang merupakan rangkaian dari HDI 2022. Selain itu juga terdapat penampilan seni tari yang diperankan oleh penyandang disabilitas, terangnya. (Mar)

 

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi