Kembali Ke Index Video


TIPS UNTUK MENEKAN ANGKA STUNTING SLEMAN

Sabtu, 27 Mei 2023 | 09:34 WIB
Dibaca: 166
TIPS UNTUK MENEKAN ANGKA STUNTING SLEMAN
dalam mendukung program percepatan penurunan stunting

Sleman – Pastvnews.com Sebagai bentuk upaya untuk menekan angka stunting, ada pertemuan monitoring dan evaluasi kegiatan Tim Percepatan Penurun Stunting (TPPS), Kamis 25 Mei 2023.

Danang Maharsa, SE menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sleman telah membentuk Tim Percepatan Penurun Stunting (TPPS). Tim tersebut ditujukan untuk mempercepat penurunan angka stunting dengan bantuan dari seluruh lintas sektor masyarakat.

Sehingga, melalui monitoring tersebut, Danang berharap dapat menjadi wadah untuk menemukan solusi dalam menekan angka stunting, khususnya di Kapanewon Turi.

“Melalui penyelenggaraan monitoring dan evaluasi ini saya harapkan kita dapat mengetahui berbagai kendala, permasalahan maupun hambatan dalam upaya menurunkan stunting di Kabupaten Sleman.

Di jelaskan, menurut data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), tingkat prevelensi stunting nasional berada di angka 21,7 persen, sedangkan untuk DIY sebesar 16,4%. Sementara itu, Kabupaten Sleman tercatat berada pada angka 15%.

Meski Sleman berada di bawah angka nasional dan provinsi, Danang tetap mendorong agar target 14% dapat tercapai.

Sementara itu, Arif Wibowo, Penyuluh Keluarga Berencana Kapanewon Turi, memaparkan jumlah anak stunting di Kapanewon Turi berdasarkan data Puskesmas Turi tahun 2022 sebanyak 227 anak.

Data tersebut terdiri dari, Kalurahan Bangunkerto sebanyak 64 anak, Kalurahan Donokerto sebanyak 37 anak, Kalurahan Girikerto sebanyak 58 anak, dan Kalurahan Wonokerto sebanyak 68 anak.

Untuk menekan angka anak stunting di Kapanewon Turi, telah dibentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari kader KB, unsur PKK, dan unsur bidan/tenaga kesehatan.

Keterlibatan TPPS tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan maupun swasta dibutuhkan dalam mendukung program percepatan penurunan stunting,” jelasnya. (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi