Kembali Ke Index Video


PERUM BULOG SIAPKAN 100 TON BERAS OPERASI PASAR MURAH DI SLEMAN

Sabtu, 16 September 2023 | 08:49 WIB
Dibaca: 255
PERUM BULOG SIAPKAN 100 TON BERAS OPERASI PASAR MURAH DI SLEMAN
dok foto pastvnews.com bulog

SLEMAN- PASTVNEWS.COM,kabar lintas sosial,  Pemerintah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Bulog Kantor Wilayah Yogyakarta menyiapkan 100 ton beras untuk kegiatan operasi pasar murah di 17 Kepanewon di Bumi Sembada.

Operasi pasar yang dimulai tanggal 25 September hingga 6 Oktober ini guna menekan harga pangan terutama komoditas beras yang kini melambung tinggi.

Dalam operasi tersebut, beras kualitas medium akan dijual dengan harga lebih murah dibanding harga pasaran. "Kualitas berasnya medium. Per 5 kilogram dijual Rp 51 ribu rupiah. Satu kilonya Rp 10.200. Ini lebih murah.

 

Di pasar sekarang sudah Rp 12 ribu lebih," kata Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo, setelah menandatangani kesepakatan antara Pemkab Sleman dengan Perum Bulog Kantor Wilayah Yogyakarta, di gedung Setda Sleman, Rabu 13 September 2023.

Hj. Kustini berharap kesepakatan yang diteken bersama Bulog ini dapat mendukung upaya Pemkab Sleman dalam mengendalikan inflasi daerah.

Apalagi, dengan adanya fenomena Elnino ini telah menyebabkan kekeringan yang  berdampak pada produksi bahan pangan, pertanian termasuk peternakan.

Melalui kesepakatan dengan Bulog, Bupati berharap dapat menjadi upaya mencegah sekaligus memperkuat ketahanan pangan di wilayah Sleman. Dari kesepakatan tersebut, dengan digelarnya operasi pasar murah di 17 Kapanewon.

Bukan hanya beras yang dijual murah kepada masyarakat melainkan juga kebutuhan pangan seperti gandum, gula, terigu maupun minyak. Untuk pengendalian harga, Bulog juga akan memasok beras ke ritel modern maupun pasar tradisional.

"Bukan hanya ke masyarakat. Kami juga operasi ke pasar-pasar tradisional, ritel dan ke masyarakat. Semua Kita sasar semua," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Perum Bulog Kantor Wilayah Yogyakarta, Ali Ahmad Najih Amsari mengungkapkan, fenomena elnino telah diantisipasi sejak jauh hari sehingga tidak begitu berdampak pada ketersediaan stok pangan di gudang Bulog.

Ia memastikan bisa menyalurkan stok tersebut hingga akhir tahun mendatang.

Termasuk bahan pangan lain seperti gula, terigu, maupun minyak yang akan dipasok ke Pasar tradisional, ritel modern maupun gerakan pangan murah dengan harga di bawah harga pasaran.

"Ini akan kita lanjutkan sampai Desember. (Stok) cukup sampai Desember, pungkasnya. (Mar)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi