Kembali Ke Index Video


Perdana Polda DIY Gelar Wiwitan Poso 2023

Rabu, 15 Maret 2023 | 22:16 WIB
Dibaca: 507
Perdana Polda DIY Gelar Wiwitan Poso 2023
Wakapolda DIY, Brigjen Pol. R.Slamet Santoso potongan tumpeng kepada Butet Kertaradjasa usai Konferensi Pers di Polda DIY. Rabu 15 Maret 2023.

SLEMAN – Pastvnews.com warta lintas sosial,Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) akan menggelar Wiwitan Poso dari tanggal 17-19 Maret 2023 di Halaman Mapolda DIY. Wiwitan Poso menjadi kegiatan tradisi yang pertama dari institusi Polri yang memadukan religiusitas, ekonomi kerakyatan, dan kesenian.

Selain sebagai ikhtiar mengawali bulan Ramadhan, kegiatan dalam Wiwitan Poso akan isi dengan Pasar Kangen yang berisi ratusan tenan makanan masa lalu dan kuliner nusantara, klitikan yang menjual barang-barang antik, pameran dan lelang lukisan, serta panggung seni rakyat.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol R. Slamet Santoso mengatakan Wiwitan Poso menjadi ruang instusi Polri untuk membuka diri selebar-lebarnya bagi masyarakat umum. “Polri membuka diri untuk menciptakan ruang silahturahmi bagi masyarakat sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” tuturnya, Rabu 15 Maret 2023.

Lanjut Wakapolda, selain mengawali ibadah puasa dengan kesucian lahir dan bathin, Wiwitan Poso juga bertujuan untuk menghibur masyarakat melalui pertunjukkan seni dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM. “Semua harus terlibat dengan kolaborasi,” ucapnya.

Dalam kesepatan tersebut Butet Kertaradjasa, seniman sekaligus panitia Wiwitan Poso mengatakan Wiwitan Poso diletakkan dalam makna Keistimewaan Yogyakarta karena baru pertama kali digelar Polda DIY sebagai institusi Polri.

Sebab, selama ini, masyarakat yang akan masuk ke instansi Polri merasa takut karena kesannya yang angker atau menakutkan.

Wiwitan Poso yang lahirnya di Jogja, harapannya dapat memulihkan kembali citra Polri sebagai institusi yang dibutuhkan masyarakat.Memulihkan keterpurukan yang terjadi belakangan ini,” tutur Butet.

Butet menyebut Wiwitan Poso akan menjadi bagian yang penting dari proses pemulihan citra Polri. “Lewat Wiwitan Poso, masyarakat yang datang ke Polda dipenuhi rasa kegembiraan,” katanya.

“Masyarakat nanti akan bisa melihat lukisan di Lantai 3 ruang tamu Kapolda. Ini menjadi satu hal yang mustahil selama ini. Inilah yang akan menjadi bagian dari Keistimewaan Yogyakarta. Markas polisi yang ramah dengan masyarakat,” jelasnya. ( Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi