Kembali Ke Index Video


PAMERAN SENI RUPA JANUR KUNING PERINGATI SERANGAN UMUM 1

Sabtu, 2 Maret 2024 | 08:17 WIB
Dibaca: 65
PAMERAN SENI RUPA JANUR KUNING PERINGATI SERANGAN UMUM 1
Danang mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mengingat sejarah

SLEMAN - Pastvnews.com Gelaran  Pameran Seni Rupa bertajuk Janur Kuning memperingati peristiwa Serangan Umum 1 Maret, dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, SE pada Jumat 1 Maret 2024 di Monumen Jogja Kembali.

Danang membuka secara simbolis dengan melukis kanvas sebagai tanda dibukanya pameran seni Janur Kuning.

Danang mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mengingat sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda salah satunya peristiwa Serangan Umum 1 Maret ini. Menurutnya, melalui karya seni tentu sudah menjadi kontribusi dalam mengingat perjuangan dan jasa pahlawan melawan Agresi Belanda II.

“Saya mengapresiasi seluruh seniman dan pegiat seni yang mampu mengekspreksikan dan mengingatkan perjuangan bangsa Indonesia melawan Belanda melalui karya seni rupa. Tentu pesannya adalah mengingatkan kembali bahwa Yogyakarta menjadi saksi perlawanan Bangsa Indonesia pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret,” ujarnya

Danang berharap semangat pahlawan pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret terus diingat dan dapat terus dikobarkan dalam mengisi pembangunan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Seni Rupa Janur Kuning, Yusman mengatakan bahwa pameran ini melibatkan 50 seniman lukis dan pematung yang ada di Yogyakarta dengan 75 karya seni rupa yang di pamerkan. Yusman mengatakan keberlangsungan pameran seni rupa Janur Kuning kuncinya adalah pada regenerasi seniman sehingga karya-karya baru nantinya dapat lahir.

“Janur Kuning merupakan simbol pejuang dalam melawan penjajah, oleh karenanya kami berusaha pameran ini akan tetap ada kedepannya dan ada regenerasi seniman sehingga lahir karya-karya baru dan mengingatkan kita akan perjuangan pahlawan melawan penjajah melalui karya seni rupa,” jelasnya. (Mar)




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi