Kembali Ke Index Video


Pesawat RI-X WEL Koleksi Muspusdirla Jadi Magnet di Ajang Expo 2023

Sabtu, 30 September 2023 | 09:33 WIB
Dibaca: 164
Pesawat RI-X WEL Koleksi Muspusdirla Jadi Magnet di Ajang Expo 2023
Dok gambar jogjaprov.go.id

YOGYAKARTA- PAS TV NEWS.COM, Lintas sosial  pesawat RI-X WEL koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) menjadi magnet di Jogja Museum Expo 2023

Pengunjung banyak yang menyempatkan untuk melihat dari dekat pesawat buatan anak bangsa itu. Mereka  menggunakan kamera ponselnya, memotret Pesawat RI-WEL dari berbagai sudut.

Fitri, salah satu pengunjung pameran tidak menyangka kalau ada pesawat dipajang di mall. Ia mengaku baru kali ini melihat pesawat RI-X WEL.

"Tujuan utama memang mau ngemall. Tetapi setelah melihat pesawat RI-X WEL jadi pengin tahu lebih banyak sejarahnya," ujar Fitri, pengunjung dari Tangerang ini, Jumat 29 September 2023. Ia mengetahui pesawat RI-X WEL koleksi Muspusdirla dari berita online.

Jovan juga mengabadikan momen kunjungannya itu dengan kamera ponselnya. Sesekali Jovan meminta anaknya untuk berpose di depan pesawat.

"Untuk kenang-kenangan. Apalagi pesawat yang dipamerkan merupakan pesawat yang sarat sejarah yang membanggakan," ucap Jovan.

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho saat menemui Fitri dan Jovan di stand Muspusdirla mengaku gembira. Ia lantas menceritakan sejarah pesawat R-X WEL.

"Pesawat RI-X WEL atau Wiwek Experimental Lightplane merupakan pesawat hasil karya Wiweko Supono. Pesawat dibuat tahun 1948 menggunakan mesin motor Harley Davidson 759 CC," jelas Kolonel Yuto.

Ia menambahkan, Pesawat RI-X WEL pernah diterbangkan dari Pangkalan Udara Maospati ke Jogjakarta pada tahun 1948. Namun sayang, dalam perjalan pulang dengan kereta api pesawat RI-X WEL rusak dalam gerbong.

"Wiweko Supono bersama tim yang dulu ikut membangun RI-X WEL, pada tahun 1981 membuat 3 replikanya. Salah satunya yang dipamerkan di ajang Jogja Museum Expo ini," imbuh Kolonel Yuto.(Mar)

 




Video Terkait


Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi